bdadinfo.com

7 Info dan Fakta Menarik Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat yang Perlu Kalian Ketahui - News

Info dan Fakta Menarik Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat yang Perlu Kalian Ketahui.  (Tangkapan Layar YouTube Pusako Indonesia. )

- Kabupaten Pasaman Barat berada pada Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang tentunya memiliki beberapa fakta dan info yang menarik.

Terdapat tujuh info dan fakta menarik mengenai Kabupaten Pasaman Barat yang ada di Provinsi Sumatera Barat ini.

Info dan fakta menarik pertama mengenai Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat yaitu sebagai satu-satunya kabupaten/kota yang memiliki bandara di daratan Sumbar selain Bandara Internasional Minangkabau.

Baca Juga: Inilah Fasilitas Mewah Gedung DPRD Padang yang Telan Anggaran Rp117 Miliar, Apa Saja Ya Isinya?

Lokasinya berada di Jorong Laban, Nagari Kapa, Kecamatan Luhak Nan Duo yang berjarak sekitar lima kilometer dari ibukota Simpang Empat.

Bandara Pusako Anak Nagari atau yang lebih dikenal oleh masyarakat dengan bandara Laban adalah kebanggaan Kabupaten Pasaman Barat.

Beroperasi pertama kali pada tahun 2014. Dengan rute penerbangan Pasaman Barat-Pekanbaru satu kali dalam seminggu dan maskapainya adalah Susi Air.

Baca Juga: Ini Sinopsis Novel Sitti Nurbaya Karya Sastrawan Minangkabau: Dapat Menyentuh Hati Pembaca Berbagai Kalangan

Meskipun bandara Laban terbilang kecil. Namun hanya Pasaman Barat lah yang memiliki fasilitas ini di daratan Sumatera Barat selain Bandara Internasional Minangkabau.

Info dan fakta menarik kedua mengenai Kabupaten Pasaman Barat yaitu salah satu penyumbang ekspor non migas terbesar di Provinsi Sumatera Barat.

Ekspor terbesar dari Sumatera Barat ialah minyak kelapa sawit. Hampir setengah lahan perkebunan sawit pada provinsi ini ada di Pasaman Barat.

Baca Juga: Mengungkap Misteri Candi Pancahan dan Candi Patani di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat

Nilai ekspor minyak sawit Sumatera Barat pada tahun 2019 mencapai Rp1,5 triliun. Oleh karena itu kini pemerintah berupaya mempercepat pengoperasian Pelabuhan Teluk Tapang untuk kemudahan logistik.

Info dan fakta menarik ketiga mengenai Kabupaten Pasaman Barat yaitu nama daerah yang multi etnis.

Nama-nama daerah yang ada di daerah ini berdasar multi etnis karena terdapat beragam suku dan agama di Pasaman Barat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat