bdadinfo.com

Tanah Minang Surganya Rempah-rempah, Nasi Kapau, Hidangan yang Menggugah Selera - News

Asal usul Nasi kapau (indonesiakaya.com)

 
 
 
- Tanah Minang, daerah yang kaya akan rempah-rempah, telah menjadi surganya kuliner dengan kelezatan Nasi Kapau, sebuah hidangan khas Sumatera Barat yang mampu menggugah selera para pecinta kuliner Indonesia. 
 
Keunikan dan kelezatan Nasi Kapau menjadikannya primadona makanan yang belum ditandingi oleh hidangan manapun.
 
Nasi Kapau, hidangan yang terdiri dari nasi putih perak dan berbagai macam lauk pauk khas daerah Kapau, telah meraih ketenaran sebagai makanan favorit banyak orang.
 
 
Dengan citarasa yang kaya dan unik, Nasi Kapau menarik perhatian para pecinta kuliner yang ingin menikmati masakan autentik Indonesia.
 
Di balik kelezatan Nasi Kapau, tersembunyi kisah perjuangan wanita tangguh di Tanah Minang.
 
Hidangan ini diperkirakan telah ada sejak abad ke-19, berasal dari para istri dan ibu yang berjuang memenuhi kebutuhan hidup setelah ditinggal suaminya merantau.
 
 
Secara penyajian, Nasi Kapau memiliki perbedaan mencolok dengan Nasi Padang. 
 
Nasi Kapau dijual di sekitar daerah Pasar Bawah dan ditandai dengan penggunaan panci-paci besar yang menjadi ciri khas, sedangkan Nasi Padang tersebar di berbagai daerah. 
 
Penjual Nasi Kapau menggunakan sendok gulai dari tempurung kelapa dengan tangkai panjang untuk menyendokkan gulai ke piring makan, menambah kesan tradisional dalam penyajiannya.
 
 
Sebagai hidangan primadona sebelum Nasi Padang dikenal luas, Nasi Kapau telah mengukuhkan dirinya sebagai racikan asli atau racikan awal dari Nasi Padang.
 
Cita rasa gulai pada Nasi Kapau memiliki sedikit sentuhan asam dan kaya akan sayuran seperti kol, nangka, dan kacang panjang yang membuatnya semakin unik.
 
Tak hanya cita rasa, penyajian Nasi Kapau juga berbeda dengan Nasi Padang. 
 
 
Pembeli akan menghampiri penjual dan memesan langsung lauk pauk yang diinginkan, sementara penjual akan menyajikannya di atas piring sesuai dengan permintaan pembeli.
 
Hingga saat ini, Nasi Kapau dan Nasi Padang tetap menjadi dua hidangan yang paling dicintai oleh masyarakat Indonesia. 
 
Kekayaan rempah-rempah dan keahlian dalam mengolahnya telah menciptakan hidangan lezat dan otentik, menjadi kebanggaan dari Tanah Minang yang memang surganya rempah-rempah.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat