bdadinfo.com

Hebat! Geopark Merangin Jambi Resmi jadi Situs UNESCO Global Geopark, Rupanya Menyimpan Fenomena Ini - News

Geopark Merangin di Jambi resmi jadi Situs UNESCO Global Geopark (unesco.org)

- Indonesia menyimpan alam yang begitu indah dan mempesona, tidak salah bila Indonesia dijuluki sebagai Zamrud Khatulistiwa.

Keindahan alam di Indonesia itu kini difasilitasi oleh Pemerintah setiap daerah dengan membangun Taman Alam atau disebut juga sebagai Geopark.

Geopark atau Taman Bumi merupakan sebuah kawasan dengan batasan yang sudah ditetapkan oleh UNESCO yang memiliki kawasan permukaan cukup luas untuk pembangunan ekonomi lokal berkelanjutan.

Baca Juga: Pesona Air Terjun Langkuik Tinggi: Keindahan Tersembunyi Kecamatan Malalak yang Menakjubkan di Sumbar

Geopark boleh dikunjungi oleh publik sehingga bisa dijadikan tempat liburan yang menyenangkan, biasanya dijadikan sebagai tempat perkemahan.

Pulau Sumatera merupakan salah satu wilayah yang mempunyai wisata alam yang cukup banyak dengan dibentuknya Geopark di setiap daerahnya.

Terdapat banyak Geopark yang tersebar di pulau Sumatera, contohnya di Sumatera Barat sendiri ada Ngarai Sianok yang berlokasi di Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Di Sumatera Utara, ada Geopark Toba Caldera atau Danau Toba dengan Pulau Samosir yang dijadikan sebagai destinasi wisata alam dan budaya.

Nah, bagi anda yang tinggal di Jambi atau sedang berlibur di Jambi, anda bisa mengunjungi Geopark Merangin yang berlokasi di Kabupaten Merangin, Jambi.

Geopark yang terletak di kabupaten Merangin, provinsi Jambi baru-baru ini diakui sebagai bagian dari UNESCO Global Geoparks.

Baca Juga: Sajuta Janjang: Menikmati Keindahan Alam di Lereng Singgalang, Sumatera Barat

Pengakuan ini secara resmi diumumkan dalam sidang tahunan UNESCO di Paris, Prancis, pada hari Rabu, 24 Mei 2023.

Menambah daftar Geopark dari Indonesia yang dijadikan sebagai situs UNESCO, terutama di wilayah Sumatera seperti Kaldera Toba di Sumatera Utara.

Lantas apa yang bikin Geopark Merangin bisa jadi situs UNESCO Global Geoparks? langsung saja kita akan bahas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat