bdadinfo.com

11 Fakta Menarik Film Minang ‘Onde Mande’, Libatkan Aktor Mayoritas dari Sumbar Hingga Pemuka Adat Setempat - News

11 Fakta Menarik Film Minang ‘Onde Mande’, Libatkan Aktor Mayoritas dari Sumbar Hingga Pemuka Adat Setempat (Instagram @ondemandefilm)

Rilis bulan lalu, film bertema Minang terbaru yakni Onde Mande ternyata memiliki 11 fakta menarik yang akan diulas dalam artikel ini.

Di antaranya seperti sampai libatkan aktor yang mayoritas dari Sumatera Barat (Sumbar) hingga adanya pemuka adat untuk memberi koreksi dalam proses kreatifnya.

Video ini diunggah dalam kanal YouTube bertajuk ‘Onde Mande: Cast & Crew Orang Minang Semua? - IN-FRAME w/ Ernest Prakasa’ yang dipandu oleh host sekaligus sutradara beken berdarah Tionghoa tersebut.

Baca Juga: Tak Hanya Tenggelamnya Kapal Van der Wijck, Berikut 9 Film Populer yang Berhubungan dengan Sumatera Barat

Sentuhan Minang

Film ini mengangkat budaya dan latar Minang yang cukup kental di dalamnya.

Menampilkan kehidupan keseharian orang-orang Minang di dalam latar ceritanya dan juga menggunakan dialog bahasa daerah yakni bahasa Minang sebanyak 90 persen dengan dialek Maninjau.

Beberapa adegan dalam film ini banyak mengambil pemandangan di Danau Maninjau, Sumatera Barat.

Masyarakat pesisir di desa nelayan yang bermukim di tepi danau Maninjau pun menjadi background masyarakat yang disorot dalam film ini.

Agar mendapatkan pemilihan bahasa yang meminimalisasi kesalahan dialek dan sebagainya, beberapa ahli bahasa dan pemuka adat juga dilibatkan dalam proses kreatifnya agar meminimalisasi kesalahan bahasa dan adat yang dipakai dalam film tersebut.

Hal ini karena sang sutradara membuat naskah filmnya dari bahasa Indonesia kemudian meminta ahli bahasa untuk menerjemahkannya ke dalam bahasa Minang khususnya dialek Maninjau.

Baca Juga: 3 Destinasi Wisata Terpampang di E-Money Mandiri Edisi Spesial Sumatera Barat Terbaru, Begini Tampilannya

Keturunan Minang

Beberapa orang yang berkecimpung dalam film ini ternyata memiliki darah Minang dalam dirinya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat