bdadinfo.com

5 PO Bus Terbesar di Indonesia: Ada yang Punya 1000 Armada, Jawa dan Sumatera Dikuasai! - News

PO Bus Sinar Jaya menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia. (dok. Sinar Jaya Group)

- Bus menjadi salah satu pilihan favorit masyarakat yang hendak berpergian baik dalam maupun luar kota.

Alhasil, minat pasar yang besar membuat banyak sekali perusahaan otobus (PO) yang bermunculan dan menekuni bidang jasa transportasi tersebut.

Berikut merupakan rangkuman lima PO bus terbesar di Indonesia, dimana salah satu diantaranya bahkan memiliki armada sebanyak 1000 bus dari Pulau Jawa hingga Sumatera, seperti dilansir dari kanal Youtube Taufik RS, Selasa, 8 Agustus 2023.

Baca Juga: 8 Fakta Unik PO Bus ALS Sang Legenda Lintas Sumatera, Lengkap dengan Trayek dan Harga Tiketnya!

Lorena

PO Lorena menekuni jasa moda transportasi darat tersebut pada 1970 silam. Lorena didirikan oleh Gusti Terkelin Soerbakti yang memulai bisnisnya dengan rute Bogor-Jakarta pulang pergi.

Seiring berkembangnya perusahaan, Lorena mulai melebarkan sayapnya dengan menambah rute ke kota-kota besar di Pulau Jawa, Madura, Bali hingga Pulau Sumatera.

Gunung Harta

PO bus Gunung Harta bermula dari dari Pulau Bali yang didirikan oleh I Wayan Sutika pada 1993. Ia memulai usahanya dengan melayani rute Kota Denpasar menuju Pelabuhan Gilimanuk pulang pergi.

Saat ini Gunung Harta memiliki dua basis operasional yang berpusat di Pulau Bali dan Kota Malang, Jawa Timur. Kedua basis ini dapat dibedakan melalui bus merah (Bali) dan bus hijau (Malang).

Baca Juga: Tangis Eks Wali Nagari Air Bangis Dukung PSN: Satu Rupiah pun Haram Saya Makan!

Harapan Jaya

Berasal dari Tulungagung, Jawa Timur, PO Harapan Jaya memulai petualangannya pada 1972 dipimpin langsung oleh pendirinya, Harjaya Cahyana.

Bermodalkan tiga armada, Harapan Jaya melayani rute Tulungagung-Surabaya pulang pergi. Tahun 1993, Harapan Jaya mulai melayani rute antar kota dan provinsi di Pulau Jawa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat