bdadinfo.com

UPN Veteran Jakarta Klarifikasi Dugaan Korupsi Proyek Pembangunan Gedung Fakultas Kedokteran - News

Gedung UPN veteran Jakarta (Facebook/ Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta)

- UPN Veteran Jakarta, lembaga pendidikan ternama, telah mengeluarkan klarifikasi resmi terkait dugaan korupsi yang berkaitan dengan proyek pembangunan Gedung Fakultas Kedokteran (FK) di kampusnya yang terletak di Kecamatan Limo, Kota Depok. 

Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok dilaporkan sedang melakukan pemeriksaan terkait dugaan korupsi ini, namun pihak universitas ingin menjelaskan situasi sebenarnya.

Sebelumnya, Kepala Kejari Depok, Mia Banulita, mengonfirmasi adanya penyelidikan terkait proyek ini, tetapi tidak memberikan banyak komentar. 

Baca Juga: Operasi Zebra Singgalang 2023, Hari Pertama Polda Sumbar Sudah Keluarkan Ratusan Surat Tilang

Dalam klarifikasinya, UPN Veteran Jakarta menyampaikan poin-poin penting sebagai berikut:

  1. UPN Veteran Jakarta mengonfirmasi 

Bahwa pada tahun 2021 mereka menerima dana dari Surat Berharga Sukuk Negara (SBSN) untuk proyek pembangunan Gedung FK UPN Veteran Jakarta.

  1. Proyek pembangunan gedung FK selesai 

Sesuai jadwal pada tanggal 23 Desember 2021 dan diresmikan pada 5 Maret 2022 oleh Plt. Dirjen Dikti Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D. Gedung ini saat ini digunakan secara fungsional untuk kegiatan pembelajaran, laboratorium, pelatihan, seminar, dan fungsi akademik lainnya. Gedung tersebut juga berfungsi sebagai pusat penelitian dan pendidikan kesehatan (Medical Research and Education Center).

Baca Juga: Lebih dari 10 Hektare Lahan dan Hutan di Pesisir Selatan Terbakar

  1. Terdapat laporan pengaduan terkait 

Dugaan Tindak Pidana Korupsi Pengadaan Barang/Jasa Konsultansi Manajemen Konstruksi pada pembangunan Gedung FK. Proses penyelidikan masih berlangsung di Kejaksaan Negeri Depok.

  1. UPN Veteran Jakarta menganggap 

Kesempatan hibah SBSN untuk pembangunan gedung FK sebagai amanah yang berharga karena kondisi sarana prasarana perkuliahan mereka sangat kurang.

Mereka telah melakukan pengawalan dan pengawasan proyek sebaik mungkin, bahkan dalam kondisi pandemi COVID-19 yang tinggi.

Baca Juga: Kabupaten Agam Jadi Salah Satu Penerima Penghargaan Paritrana Award 2023

  1. Klarifikasi ini dikeluarkan dalam upaya 

Untuk menjelaskan situasi sebenarnya dan mengatasi ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh pelaporan tersebut.

UPN Veteran Jakarta berharap dukungan dari semua pihak untuk menyelesaikan kasus ini dengan baik dan mengajak media untuk memberitakan kasus ini dengan bijak.

  1. UPN Veteran Jakarta juga telah 

Berkonsultasi dengan pihak berwenang untuk memastikan semua proyek pembangunan di UPN berjalan dengan baik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat