bdadinfo.com

Wow! Dharmasraya Bakal punya Pembangkit Listrik Sehat Sendiri, Siap Topang Energi untuk Sumatera Barat - News

Bendungan Sungai Batanghari, Sumatera Barat lokasi pembangunan pembangunan pembangkit listrik di Dharmasraya (Dok: Sumbar Sedunia)

- Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat saat ini tengah berupaya membangun sebuah pembangkit listrik mandiri di daerahnya.

Adapun pembangkit listrik di Dharmasraya tersebut adalah Pembangkit Listrik Mikro Hidro (PLTMh) yang mampu menghasilkan listrik sebesar 5 (lima) Megawatt (MW).

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan pada Rabu, 13 September 2023 lalu mengunjungi lokasi pembangunan pembangkit listrik tenaga air tersebut secara langsung.

Baca Juga: Sumbar Kalah Jauh! Riau Siap Pecah Telur Jadi Daerah Pertama yang Sukses Hubungkan Proyek JTTS di Provinsinya

Pada kesempatan tersebut Sutan Riska menyampaikan, saat ini Dharmasraya tengah mencoba membangun pembangkit listrik sehat dengan energi terbarukan.

Kedatangan Sutan Riska sendiri untuk melihat progres pembangunan pembangkit listrik yang telah dimulai sedari Juni 2022 lalu.

Ia menyebutkan, jika pembangunan pembangkit listrik mikro hidro di Dharmasraya telah mencapai 45 persen.

Baca Juga: Waduh! Tahun 2023 ini Riau dapat 2 Proyek Jalan Tol Lagi dari Pemerintah, Jadi Provinsi Kesayangan Jokowi?

Dirinya menambahkan, PLTMh tersebut diperuntukkan untuk kebutuhan dari Kab. Dharmasraya dan tentunya bagi masyarakat setempat.

Akan tetapi, pembangkit listrik dengan energi terbarukan ini juga diharapkan mampu memberi suplai listrik ke kabupaten-kabupaten sekitarnya di Sumatera Barat.

Sutan Riska menyakini, salah faktor penunjang dari kemajuan suatu daerah adalah mandiri dalam energi, dalam hal ini listrik.

Baca Juga: Aneh! Sudah Diblokir Pemerintah Tapi Malah Bertambah Banyak, Ini Tujuan Aplikasi Pinjaman Online Ilegal

Dharmasraya pun bersemangat untuk membangun pembangkit listrik sehat tersebut agar menjadi daerah yang unggul kedepannya.

Terkait target penyelesaian pembangunan, Sutan Riska mengatakan, PLTMh Dharmasraya tersebut diharapkan selesai konstruksinya pada akhir 2024 mendatang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat