bdadinfo.com

Mantap! Mega Proyek Kereta Cepat Jokowi Masuk Jajaran 6 Negara Pertama di Asia - News

Kereta Cepat Jakarta Bandung.  (dok. GNFI)

Presiden Jokowi menjadi sorotan karena tak hanya membangun mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di era kepemimpinan yang sebentar lagi akan habis masa jabatannya, namun juga kereta cepat Jakarta Bandung.

Kereta cepat dipastikan merupakan salah satu dari beberapa pembangunan mega proyek yang berhasil di era Jokowi.

Pembangunan kereta cepat rute Jakarta-Bandung adalah pembangunan transportasi massal yang bermanfaat untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui beberapa kemudahan.

Baca Juga: Bulutangkis Tanpa Medali di Asian Games 2022, Kontras Dibanding 2018: Comeback di Olimpiade Paris?

Beberapa kemudahan tersebut diantaranya penggunaan teknologi kereta api super canggih dengan berkecepatan tinggi, mempersingkat jarak tempuh rute Jakarta-Bandung, kenyamanan memperhatikan keamanan dan keselamatan.

Selain itu, kereta cepat disinyalir mampu mengatasi masalah kemacetan dan meningkatkan konektivitas antar wilayah.

Dikutip dari YouTube @INFRASTRUKTUR INDONESIA, Jumat, 6 Oktober 2023, kereta cepat Jakarta Bandung yang diberi nama WOOSH itu ternyata masuk jajaran 6 negara di Asia yang memiliki kereta cepat.

Baca Juga: Catat Tanggalnya! Menhub Sebut 1 November Bakal Dilakukan Groundbreaking Bandara VVIP IKN

Berikut daftarnya:

  1. Jepang

Jepang adalah negara pertama kali yang dapat mengoperasikan kereta cepat di Asia pada 1 Oktober 1964 yang dinamakan Shinkansen usai menghadapi Perang Dunia II.

Jepang menghadapi masalah yang cukup serius dalam transportasi darat yang sering lambat menjadikan Jepang merancang sistem kereta cepat.

Jepang merancang sistem kereta cepat untuk dapat menghubungkan kota-kota besar di Jepang dengan berkecepatan tinggi dan melayani lintasan antara Tokyo dan Osaka. 

Baca Juga: Keren! Inilah Fasilitas Kelas VIP di Kereta Cepat Whoosh: Eksklusifitas dalam Kenyamanan Perjalanan

  1. Korea Selatan

Korea Selatan merupakan salah satu negara yang berhasil mengelola sistem kereta cepat yang modern dan efektif diberi nama KTX Korea Train Express.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat