bdadinfo.com

Catat Tanggalnya! Menhub Sebut 1 November Bakal Dilakukan Groundbreaking Bandara VVIP IKN - News

Menhub tinjau lokasi pembangunan bandara VVIP di IKN Nusantara. (Kemenhub)

- Pembangunan Bandara VVIP Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur terus berlanjut. 

Hal itu ditandai dengan kedatangan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi ke lokasi pembangunan Bandara VVIP, Rabu 3 Oktober 2023 lalu. 

Menhub menuturkan, persiapan terus digenjot lantaran pada tanggal 1 November nanti bakal dilakukan peletakan baru pertama atau groundbreaking

Baca Juga: Arti Penting UUD NRI Tahun 1945, Hak Warga Negara dan Bentuk Aturan, Kunci Jawaban PKn Kelas 8 Halaman 41 42

"Kami datang kemari untuk mengecek dan melakukan persiapan, karena pada 1 November 2023 nanti, ditargetkan akan dilakukan groundbreaking sebagai tanda dimulainya pembangunan Bandara VVIP IKN,” ujar Menhub, dikutip Jumat 6 Oktober 2023.

Selain peninjau pengangunan, kehadiran Menhub juga bertujuan untuk melakukan observasi dan memastikan pembangunan yang dilakukan sesuai dengan konsep besar IKN yaitu berorientasi pada alam dan ramah lingkungan.

"Kita minta para arsitek lakukan pekerjaan berorientasi pada alam. meski kita bangun bandara di IKN, tetapi tetap menjaga alam sekitar terkonservasi dengan baik. Kita pertahankan hutan yang ada dan tak banyak pohon ditebang,” ucapnya.

Baca Juga: Diserang Mentan Syahrul Yasin Limpo, Ketua KPK Firli Bahuri Bantah Adanya Pemerasan

Menhub mengatakan, desain terminal Bandara VVIP IKN memadukan unsur kearifan lokal, modern, serta ramah lingkungan.

Pada kesempatan yang sama, Arsitek Yori Antar menjelaskan, arsitektur dari Terminal Bandara VVIP IKN akan menonjolkan budaya Kalimantan tetapi tetap modern.

“Jadi tradisi dan budaya yang ada di sini sejak masa lalu, akan kita bawa ke masa kini dan masa depan,” ucapnya.

Baca Juga: Capai Rp4,28 Triliun! Begini Kabar Terkini Proyek Bandara VVIP di IKN, Pemenang Tender Segera Diumumkan

Kemudian, Arsitek Adi Purnomo (Mamo) mengungkapkan, selaras dengan visi misi IKN yang berorientasi alam, bangunan terminal akan dibangun senatural mungkin mengadaptasi alam sekitar.

“Prinsip Green Building akan diterapkan disini. Bangunan terminal menyerupai rumah panjang khas Kalimantan dengan atap yang terbuka sehingga angin dan cahaya bisa masuk ke dalam. Ini akan lebih hemat energi dibandingkan terminal pada umumnya,” ujarnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat