bdadinfo.com

Telan Biaya Lebih dari Rp200 M! Wow Ketahanan Jembatan Siak Riau Bisa Mencapai 100 Tahun - News

Jembatan Siak Riau.  (dok. Media Center Pemprov Riau)

-  Jembatan Siak yang memiliki nama asli Tengku Agung Sultanah Latifah terletak di kota Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Jembatan Siak terbentang di atas sungai menjadi ikonik kabupaten dan kota Siak. Selain itu, jembatan ini menjadi penghubung antara lokasi Kantor Bupati Siak berada di Desa Benteng Hilir dan Desa Benteng Hulu, sebagaimana dikutip dari kemendesa.go.id, Jumat, 5 Oktober 2023.

Jembatan Siak  dibangun dengan tujuan melancarkan arus transportasi antara kabupaten Siak dengan kota Pekanbaru sehingga dapat jalur alternatif melalui darat disebelah melalui Sungai Siak.

Baca Juga: Nah Loh! Mobil Sedan Audi Hitam Milik Mentan Syahrul Limpo yang Disita KPK Tidak Terdaftar LHKPN

Selain itu, jembatan sepanjang 1.196m, lebar 16,95m dan dirancang dengan sistem cable stayed dan sudah menelan anggaran APBD Kabupaten Siak sebesar Rp277,65 miliar!

Harga yang mahal sejalan denan kualitasnya. Jembatan Siak disebut memiliki ketahanan yang dapat berumur lebih dari 100 tahun. Selain itu, jembatan ini mampu menahan beban seberat 28 ton.

Jembatan denan nama asli Tengku Agung Sultanah Latifah ini dilengkapi dua menara dengan ketinggian kurang lebih 80m dan ukuran 10 X 5m.

Baca Juga: Perubahan Suhu Udara Sebabkan Alergi, Kenali Gejala Penyebab dan Cara Mengobatinya

Menara ini bahkan kini menjadi salah satu objek dan ikon wisata andalan kabupaten Siak sejak diresmikan pada tanggal 11 Agustus 2007 oleh Presiden saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono.

Presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan bahwa merasa sangat bangga dengan percepatan infrastruktur yang dikerjakan oleh Pemerintah Daerah Riau.

"saya ingatkan kembali agar jangan terlena dengan pertumbuhan ekonomi semata, tapi kita harus meningkatkan kualitas di semua bidang," ujar SBY kala itu.

Baca Juga: Kamu Harus Tahu! Inilah Sejarah Awal Asian Games, Ternyata dari Tiga Negara Ini

Setelah memberikan sambutan, Presiden SBY meresmikan jembatan modern dengan menekan tombol sirine.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat