bdadinfo.com

Rute Lengkap dari Jalan Tol Lingkar Pekanbaru Senilai Rp7,9 Triliun, Ngelewatin Jembatan Siak 5? - News

Ilustrasi Jembatan Siak 5 (Dok: kibrispdr.org)

- Pemerintah Daerah Provinsi Riau dalam waktu dekat akan menandatangani proyek pembangunan Jalan Tol Lingkar Pekanbaru yang melibatkan PT Hutama Karya.

Proyek Jalan Tol Lingkar Pekanbaru tersebut memiliki nilai anggaran investasi sebesar Rp7,9 triliun dan akan diintegrasikan dengan sejumlah ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). 

Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution menyebutkan secara lengkap rute dari Jalan Tol Lingkar Pekanbaru yang proses konstruksinya turut melibatkan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) tersebut.

Baca Juga: Tol Lingkar Pekanbaru Siap Dibangun, ke Candi Muara Takus dan Sumatera Barat Kini Jauh Lebih Cepat, Mantap!

Indra mengatakan, rute Jalan Tol Lingkar Pekanbaru tersebut dimulai dari pintu Tol Pekanbaru-Dumai di Kec. Rumbai menuju ke Kel. Tebing Tinggi Okura, di Kec. Rumbai Timur.

Selanjutnya akan melalui Jembatan Siak 5 ke Kec. Tenayan Raya dan akan melintas di depan Komplek Perkantoran Tenayan Raya serta terus berlanjut ke Kec. Kulim sampai pada perbatasan Kab. Kampar yang diperkirakan ada di sekitar Kec. Siak Hulu.

Jalan Tol Lingkar Pekanbaru tersebut nantinya akan memiliki panjang 43 km dan akan tersambung dengan Tol Rengat-Pekanbaru, Tol Pekanbaru-Bangkinang, dan Tol Pekanbaru-Dumai. 

Baca Juga: Bikin Decak Kagum! Canggihnya Alat Pembangunan Jalan Tol Lingkar Pekanbaru, Sekalian Bangun Jembatan Siak 5?

Permasalahan lahan proyek Jalan Tol Lingkar Pekanbaru yang lunak juga akan diatasi dengan penggunaan teknologi Prefabricated Vertical Drain (PVD) dan Preloading pada struktur tanah timbunan. 

Selain itu, pengerjaan Jalan Tol Lingkar Pekanbaru tersebut juga akan menggunakan konstruksi Pile Slab di atas tanah lunak dengan kedalaman lebih dari 10 meter.

Terkait Jembatan Siak 5, hal tersebut masih dalam tahap perencanaan. Indra menjelaskan, bahwa Jembatan Siak 5 telah diproyeksikan oleh Pemerintah Kota Pekanbaru sejak 2012 silam.

Baca Juga: Asyik, Tol Lingkar Pekanbaru Siap Dibangun Akhir Agustus, Rp7,9 Triliun Nyata Adanya

Lebih lanjut, detail gambar kerja Jembatan Siak 5 ini telah ada sejak tahun 2012 dan diperkirakan membutuhkan biaya sekira Rp400 miliar.  

Namun, jumlah tersebut diperkirakan bertambah dikarenakan naiknya harga dari tahun ke tahun. Sehingga, saat ini total biaya yang dibutuhkan untuk membangun Jembatan Siak 5 diperkirakan mencapai Rp600 miliar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat