bdadinfo.com

Waduh! Bahan Material Tol Lingkar Pekanbaru Ternyata Diambil dari Gunung di Sumatera Barat, ini Faktanya - News

Ilustrasi tambang batu bahan material di Sumatera Barat (Dok: Wika Beton)

- Ibu Kota Provinsi Riau, Pekanbaru terus berbenah dengan mendorong sejumlah pembangunan infrastruktur yang ada di daerahnya dalam beberapa waktu belakangan.

Sebagaimana diketahui, Pekanbaru tidak hanya sibuk dengan proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) akan tetapi juga dengan sebuah proyek baru yakni tol lingkar Pekanbaru.

Menariknya, pembangunan proyek tol lingkar Pekanbaru tersebut bahan material yang digunakan berasal dari gunung yang ada di Sumatera Barat (Sumbar).

Baca Juga: Mengenal Gorontalo, Provinsi yang Motto Daerahnya Ternyata dari Ulama Asal Sumatera Barat

Hal tersebut terungkap setelah adanya rencana dari PT Hutama Karya yang telah mempersiapkan diri memulai proyek tol lingkar Pekanbaru sepanjang 30,9 km yang akan terhubung dengan sejumlah ruas JTTS.

Dalam proyek tersebut, terdapat pula anak perusahaan PT Pelni (Pelayaran Nasional Indonesia) yakni PT Sarana Bandar Nasional (SBN) dikabarkan ikut ambil bagian dalam proyek yang dibangun dengan nilai investasi sebesar Rp7,5 triliun itu.

Diketahui, SBN atau yang kerap juga dikenal dengan nama Pelni Logistics tersebut akan terlibat dalam hal penggunaan truk sebagai pengangkut material untuk pembangunan tol lingkar Pekanbaru.

Baca Juga: Sering Diremehkan Karena jadi Kabupaten Termuda di Sumbar, Pasaman Barat Ternyata Kaya Raya: Negeri Dollar

Dilansir kanal YouTube Sahabat Alip Official, Direktur Utama Pelni Logistics, Edward dan Direktur Operasi Pelni Logistics, Murdiyoto menyampaikan, bahwa truk-truk tersebut akan beroperasi dalam pemindahan bahan material tol lingkar Pekanbaru.

Murdiyoto menerangkan, jika bahan material yang diambil untuk pembangun proyek tol lingkar Pekanbaru tersebut diambil dari sebuah gunung di Sumatera Barat.

Lebih detailnya, ia menjelaskan, jika lokasi gunung yang dijadikan tambang batu bahan material berada di  Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumbar.

Baca Juga: Batam Mengejar, Superblok Rp5,4 Triliun Bakal Dibangun sama Bos Asal Medan, Singapura Siap-siap

Batu-batu bahan material tersebut nantinya akan diangkut oleh truk-truk dari Pelni Logistics yang diperkirakan mampu membawa muatan seberat 35 ton dalam satu kali perjalanan.

Selain Pelni Logistics, sejumlah perusahaan lain juga terlibat dalam proyek tol lingkar Pekanbaru, diantaranya: PT Semen Indonesia Green atau HK-SIS dan PT HK Infrastruktur atau HK-I dan PT Citra Batu Alam Sejahtera.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat