bdadinfo.com

HUT RI ke-78, Enam Ruas Jalan Tol Trans Sumatera ini Dikebut Pengerjaannya, Termasuk Sumbar - News

Tol Bangkinang-Pangkalan (Dok: Badan Pertanahan Kab. Kampar)

- Pada 17 Agustus 2023 ini Republik Indonesia akan merayakan kemerdekaannya yang ke 78. Pada tahun 2023 ini pula sejumlah ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dikebut pengerjaannya.

Mega proyek  Jalan Tol Trans Sumatera yang akan menghubungkan Provinsi Lampung di selatan dan Provinsi Aceh di utara serta seluruh provinsi yang ada di Pulau Sumatera sebagian telah selesai pengerjaannya dan beberapa masih dalam tahap konstruksi.

Enam ruas jalan tol Jalan Tol Trans Sumatera diantaranya akan dikebut pengerjaannya dan diharapkan dapat rampung pada akhir tahun 2023 mendatang.

Baca Juga: Sering Diremehkan Karena jadi Kabupaten Termuda di Sumbar, Pasaman Barat Ternyata Kaya Raya: Negeri Dollar

Dilansir dari kanal YouTube Sahabat Alip Official, Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Budi Harto menyampaikan, terdapat enam ruas Jalan Tol Trans Sumatera yang ditargetkan selesai termasuk tol Bangkinang (Riau) dan Pangkalan (Sumatera Barat).

Perkembangan terbaru progres pembangunan Jalan Tol Bangkinang-Pangkalan yang memiliki panjang 24,7 kilometer tersebut telah mencapai 76,61 persen.

Terkait dengan pembebasan lahan telah mencapai 93,80 persen dan nilai investasinya mencapai Rp4,9 triliun.

Baca Juga: Siap Tandingi Kemegahan Singapura, Batam Sekarang Punya Banyak Gedung Pencakar Langit, 1 Ada di Atas Bukit

Adapun proyek Jalan Tol Padang-Sicincin, Budi Harto mengatakan, bahwa pengerjaan pembangunan ruas tol tersebut baru akan selesai pada tahun 2024 mendatang.

Sementara itu, sejumlah ruas lain yang juga dikebut pengerjaanya pada tahun 2023 ini diantaranya: Sigli-Banda Aceh, Kuala Tanjung-Pematang Siantar, Pekanbaru-Bangkinang, Binjai-Pangkalan Brandan dan ruas tol Kisaran-Indrapura.

Ruas Jalan Tol Sigli-Banda Aceh memiliki panjang 74 km, pengerjaan konstruksinya telah menyentuh 82,07 persen dan pembebasan lahannya sudah 87,72 persen. Ruas tol tersebut dibangun dengan nilai investasi mencapai Rp14,05 triliun.

Baca Juga: Pasaman vs Pasaman Barat dalam Angka, Mana yang Lebih Baik?

Ruas Jalan Tol Kuala Tanjung-Pematang Siantar sepanjang 93 km, kini progresnya mencapai 85,59 persen dengan pembebasan lahan mendekati akhir, yaitu 94.94 persen serta dibangun dengan nilai investasi Rp13,7 triliun.

Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 40 km telah mencapai 93,21 persen dan pembebasan lahan sudah dirampungkan keseluruhan. Tol ini dibangun dengan nilai investasi Rp5,2 triliun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat