bdadinfo.com

Patas! Dulu 2 Jam, Pekanbaru-Bangkinang Kini Cuma 23 Menit Saja, Tol Trans Sumatera Memang Joss - News

ruas tol Pekanbaru - Bangkinang sepanjang 30,9 KM sebagai pendukung jalan tol trans Sumatera penghubung Riau dengan Sumatera Barat.

- Sejak diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Januari 2023, ruas jalan tol Pekanbaru - Bangkinang sepanjang 30,9 KM sudah bisa digunakan.

Jalan tol Pekanbaru - Bangkinang merupakan salah satu seksi dari proyek tol Pekanbaru - Padang yang sudah lebih dulu rampung sebagai jalan tol trans Sumatera penghubung Riau dengan Sumatera Barat.

Dalam peresmiannya, Jokowi mengatakan bahwa dengan pembangunan jalan tol Pekanbaru - Bangkinang yang menjadi bagian dari trans Sumatera ini dapat memberikan banyak keuntungan.

Baca Juga: Berlindung Dibalik Selimutmu! Bukan Bukittinggi, 2 Wilayah di Sumatera Barat akan Bersuhu Terdinginnya Lagi

Diantaranya membuat mobilitas orang, barang, maupun jasa menjadi lebih efisien dan semakin baik.

Sebelum ada tol Pekanbaru - Bangkinang, perjalanan bisa sampai 2 jam, namun setelah adanya tol maka perjalanan cukup ditempuh selama 23 menit saja.

Kemudahan akses ini menciptakan daya saing berbagai komoditi barang dari Riau serta mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono yang turut hadir dalam peresmian juga mengatakan bahwa jalan tol Pekanbaru - Bangkinang ini menjadi penghubung berbagai kawasan produktif.

Orang-orang di Pulau Sumatera jadi lebih mudah dan cepat untuk mengakses kawasan industri, wisata, pelabuhan, dan bandara yang berada di luar kotanya.

Baca Juga: Waspada Cuaca Buruk Lagi! Wilayah Sumatera Barat Kena Peringatan Badai Akhir Pekan Ini, 13 Agustus 2023

Danang Parikesit selaku Kepala Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT juga berharap jalan tol trans Sumatera ini dapat menciptakan tulang punggung ekonomi, khususnya bagi Provinsi Riau.

Khususnya Danang berharap pada sektor perkebunan, pertambangan, serta berbagai industri turunannya dapat berkembang dengan baik.

Danang juga berharap agar sektor pariwisata terkena dampak positifnya, seperti kunjungan ke Candi Muara Takus, di Kabupaten Kampar semakin meningkat.

Bicara soal Kabupaten Kampar, meskipun waktu tempuh di tol Pekanbaru - Bangkinang ini hanya 23 menit, namun ternyata ada rest area atau tempat istirahatnya juga.

Tol sepanjang 30,9 KM ini jika dihitung dengan jarak dari jalan utama ternyata mencapai 40 KM, dimana sudah ada 2 rest area pada sisi berhadapan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat