bdadinfo.com

Ayo Jelajahi Nagari Sicincin, Akses Kian Mudah Berkat Jalur Tol Trans Sumatera - News

Suasana pembangunan area Tol Padang-Sicincin (Instagram/@westsumatra_ssci)

- Sebagai bagian area jalan tol Padang-Sicincin, wilayah Sicincin sebenarnya merupakan salah satu tempat di Sumatera Barat yang belum pernah diketahui siapapun.

Meskipun tempat tersebut dibilang sederhana, mungkin inilah alasan utama Sicincin dijadikan sebagai jalan strategis. Salah satu bagian Jalur Tol Trans Sumatera di Sumatera Barat.

Sicincin merupakan salah satu daerah memiliki area luas sekitar 75,03 kilometer persegi, dengan jumlah penduduk sebanyak 1.272 jiwa.

Baca Juga: Bangga! Ini Kiprah Si Perancang Batu Malin Kundang, Seorang Guru Besar UNP hingga Penggubah Mars ITB

Sicincin menjadi tempat tidak begitu sunyi dan juga tidak begitu ramai.

Wilayah yang berada di Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh, kecamatan ini juga merupakan penggabungan dari Kelurahan Sicincin Hilir dan Kelurahan Sicincin Mudik berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) No 11 pada 2014.

Walaupun area ini terbilang baru dan tidak pernah dijelajahi sebelum menjadi bagian pembangunan ruas tol Padang-Pekanbaru, nagari Sicincin merupakan daerah tenang, memiliki area pegunungan.

Baca Juga: Menelusuri Sejarah Singkat Suku Mandailing dari Sumatera Utara, Sub-Etnis Batak yang Mayoritas Beragama Islam

Tempat ini sebenarnya cocok untuk di tempati untuk menikmati masa tua.

Menjadi bagian dari jalur tol Padang, bukan berarti kita akan melewati jalur sepanjang 28 kilometer saja, tetapi kita juga bisa melihat dan mengetahui ternyata ada beberapa tempat belum pernah kalian lewati.

Salah satunya adalah Kawasan Gerbang Tarok City, berlokasi di Korong Tarok, Nagari Kapalo Hilalang, Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, Payakumbuh.

Baca Juga: Sempat Diwarnai Kasus Korupsi, Exit Tol Proyek Padang-Sicincin Sebentar Lagi Pengaspalan

Meski masih ada beberapa lahan kuburan akan dibongkar dalam waktu yang tak ditentukan.

Selain Gerbang Tarok, tentu saja ada Rumah Makan Lubuak Sikoci, Puskesmas Pakandangan, dan juga beberapa tempat bisa dikunjungi. Terdapat juga tempat penginapan dengan tarif sederhana.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat