bdadinfo.com

Bukan Tol Padang Sicincin, Ternyata Ini Konstruksi Tol Paling Megah di Sumatera Barat dan Asia Tenggara - News

Ilustrasi tol Padang Sicincin

- Jika selama ini tol Padangsicincin digadang menjadi tol paling megah, ternyata Sumbar akan memiliki konstruksi tol paling megah tak hanya di level Sumbar namun di level Asia Tenggara.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas PUPR Provinsi Sumbar Rilza Hanif usai pertemuan dengan Japan internet Operation agency.

Konstruksi tol termegah itu berada di seksi tol Payakumbuh Pangkalan. Mengapa dikatakan paling indah karena ini adalah ruas tol yang paling rumit lokasi dan pekerjaannya.

Baca Juga: Dimeriahkan Artis Minang Fauzana dan Band Anima, Wako Hendri Septa Buka Festival Siti Nurbaya 2023

Konstruksinya akan menempuh deretan Bukit Barisan dan akan memberikan pemandangan yang sangat luar biasa bagi siapa saja yang melewatinya.

Sekedar informasi, untuk pembangunan terowongannya saja membutuhkan biaya kurang lebih 9 triliun rupiah.

Konstruksi ini merupakan jalan tol dengan konstruksi termegah di Asia Tenggara karena melewati topografi perbukitan dan melalui 3 buah terowongan.

Baca Juga: Diikuti Lebih 30 Ribu Peserta, Gowes Siti Nurbaya Adventure Resmi Dilepas Wako Hendri Septa

Sementara itu Kementerian PUPR Dalam keterangannya mengatakan proses pembangunan terowongan di ruas tol Padang Pekanbaru pada proyek jalan tol Trans Sumatera ini akan menggunakan dua metode.

Pertama metode New Austria TBM yang juga diterapkan dalam pembangunan ruas modern di Jakarta.

Menurut badan pengelola jalan tol, NAT merupakan metode modern terowongan dimana desain dan konstruksi menerapkan pemantauan canggih guna mengoptimalkan berbagai teknik penguatan dinding berbasis pada jenis batuan yang ada daerah pegunungan.

Baca Juga: Menengok Filosofi Rumoh Aceh, Bukti Keunikan Rumah Adat Indonesia

Indonesia cukup berpengalaman untuk urusan terowongan dan sudah diterapkan pada pembangunan bendungan.

Pemanfaatan Underground Space yang efektif dalam proyek jalan tol Trans Sumatera terowongan ini akan dibangun di kabupaten 50 kota di daerah Payakumbuh dengan panjang total 8,95 KM total akan ada 5 terowongan yang akan dibangun di ruas ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat