bdadinfo.com

Rekor! Suhu Udara Surabaya Bakal Tembus Lebih dari 40 Derajat Celcius pada Akhir Oktober - News

Ilustrasi suhu panas.  (FREEPIK)

- Kota Surabaya diprediksi bakal menjadi kota dengan suhu udara terpanas di Indonesia pada akhir Oktober 2023 mendatang.

Suhu panas memang dirasakan di hampir seluruh wilayah di Indonesia pada Bulan Oktober 2023 ini. Beberapa kota seperti Surabaya, Semarang, dan Makassar bahkan disebut mencatat rekor suhu di atas 40 derajat celcius.

Suhu panas tertinggi di Indonesia pada akhir Oktober 2023 mendatang bakal pecah rekor oleh Kota Surabaya. Kota pahlawan itu bakal mencatat suhu mencapai 42 derajat celcius.

Baca Juga: Makin Panas! Bakal Serang Jalur Gaza, Tentara Israel Tak Peduli Banyak Sandera Warga Sendiri

Seperti dilansir dari laman AccuWeather, Rabu, 11 Oktober 2023, Surabaya bakal mencatat suhu lebih dari 40 derajat celcius pada 19-22 Oktober 2023.

Pada 19 Oktober suhu diprakirakan mencapai 42 derajat Celsius, 20 Oktober (42 derajat Celsius), 21 Oktober (42 derajat celsius), dan 22 Oktober (41 derajat Celsius).

Meski begitu, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan bahwa kemungkinan sangat kecil suhu tembus hingga lebih dari 40 derajat Celsius.

Baca Juga: Prancis, Jerman, Italia dan AS Tegas Dukung Israel: Hamas Tak Wakili Aspirasi Rakyat Palestina!

Guswanto menjelaskan, secara statistik, suhu maksimum di Indonesia tidak pernah mencapai 42 derajat. Selain itu, menurutnya, laman AccuWeather juga tidak punya alat ukur suhu udara di Indonesia.

Sebelumnya dikabarkan jika beberapa wilayah di Indonesia akan mengalami suhu panas hingga akhir Oktober 2023.

Peneliti Ahli Utama Pusat Riset Iklim dan Atmosfer dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Eddy Hermawan mengatakan suhu panas di sejumlah wilayah RI itu dipengaruhi fenomena El Nino dan Indian Ocean Dipole(IOD).

Baca Juga: Gawat! Para Pedagang di Pasar Tanah Abang Minta Online Shop Lain Ikut Ditutup, Bisa Lebih Efektif?

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan BMKG, indeks El Nino pada Juli ini mencapai level moderate, sementara IOD sudah memasuki level index yang positif.

El Nino merupakan proses terjadinya pemanasan suhu muka laut (SML) yang terjadi di bagian tengah dan timur Samudra Pasifik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat