bdadinfo.com

Berencana Bentuk Provinsi Sumatera Tengah, 7 Kabupaten dari 3 Provinsi ini Bakal Keluar juga Sumatera Barat - News

Rencana Pembentukan Provinsi Sumatera Tengah (wkindonesia.blogspot.com)

- Provinsi baru akan direncanakan direalisasikan di wilayah pulau Sumatera. Provinsi baru tersebut bernama Sumatera Tengah.

Terdapat pula Surat usulan Inisiator Provinsi Sumatera Tengah yang bahkan disampaikan ke Presiden RI tertanggal surat 27 Oktober 2022.

Berdasarkan surat tersebut, pemerintah memohon persetujuan untuk merealisasikan pembentukan provinsi tersebut.

Baca Juga: Waduh! Usai Diperiksa MKMK, Begini Tanggapan Anwar Usman: Ya Tunggu Saja

Sebelumnya, surat usulan inisiator Provinsi Sumatera Tengah tersebut telah ditandatangani oleh H Zulfikar Atut, Dt Penghulu Besar sebagai ketua Inisiator Provinsi Sumatera Tengah dan Sekretaris H Masful. 

Surat itu lantas ditembuskan kepada seluruh kepala daerah dan Ketua DPRD yang daerahnya masuk dalam daftar yang diusulkan dimekarkan.

Merespon rencana pembentukan provinsi Sumatera Tengah, beberapa kabupaten yang ada di 3 provinsi di Pulau Sumatera diusulkan menjadi bagian wilayah administrasi provinsi baru tersebut.

Beberapa kabupaten tersebut diantaranya bahkan ada yang berasal dari provinsi Sumatera Barat.

Baca Juga: Awas Ditilang! 8 Poin Pelanggaran ETLE di Tol Pekanbaru – Dumai: Mulai dari Batas Kecepatan Hingga Rambu Jalan

Beberapa kabupaten tersebut meliputi Kabupaten Kerinci dan Sungai Penuh yang merupakan bagian dari wilayah Provinsi Jambi.

Daerah lain yang diusulkan yakni Kabupaten Kuansing (Riau), Dharmasraya, Sijunjung, Solok Selatan (Sumatera Barat), hingga Muaro Bungo (Jambi).

Adapun, dalam surat tersebut dijelaskan bahwa tujuh wilayah yang diusulkan bergabung dalam provinsi Sumatera Tengah tersebut memiliki penduduk 1.847.000 jiwa dengan luas daerah 23.170 km persegi.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Wisata Bahari di Sumatera Barat untuk Liburan Akhir Pekan, Salah Satunya Pulau Ular

H Zulfikar Atut, Dt Penghulu Besar mengungkapkan bahwa dengan pemekaran provinsi ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat