bdadinfo.com

7 Kabupaten Bakal Terbang Meninggalkan Sumatera Barat Bergabung ke Provinsi Baru Sumatera Tengah - News

Jika, provinsi baru Sumatera Tengah berdiri tenyata ada sekitar tujuh kabupaten yang akan keluar dari provinsi Sumatera Barat.

 - Soal wacana pemekaran wilayah kembali menjadi sorotan di Provinsi Sumatera Barat.

Jika provinsi baru Sumatera Tengah berdiri tenyata ada sekitar tujuh kabupaten yang akan keluar dari provinsi Sumatera Barat.

Baca Juga: Sumatera Tengah Segera Terwujud? Inilah 7 Kabupaten Bakal 'Hengkang' dari Sumatera Barat

Benarkah Provinsi Baru Sumatera Tengah bakal terwujud sebentar lagi? Menurut surat yang dikirim pada 27 Oktober 2022, pemerintah memohon persetujuan untuk merealisasikan pembentukan provinsi pemekaran ini.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Inggris untuk Kelas 4 SD/MI Halaman 50 dan 52 Kurikulum 2013

Wajib dicatat usulan pembentukan Provinsi Sumatera Tengah masih dalam tahap wacana dan belum ada kepastian kapan rencana ini akan terealisasi masih menunggu dan masih banyak pro dan kontra didalamnya.

Siapa yang tidak mengenal Sumatera Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatra dengan ibu kota Padang.

Provinsi Sumatera Barat terletak sepanjang pesisir barat Sumatra bagian tengah, dataran tinggi Bukit Barisan di sebelah timur, dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai.

Baca Juga: Direncanakan dari Tahun 2022, Mega Proyek Jembatan Raksasa di Kepri Terus Diundur: Mulai Dieksekusi Kapan?

Dari utara ke selatan, provinsi dengan wilayah seluas 42.012,89 km² ini berbatasan dengan empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Sumatera Barat adalah rumah bagi etnis Minangkabau, walaupun wilayah adat Minangkabau sendiri lebih luas dari wilayah administratif Provinsi Sumatera Barat saat ini.

Pada 2023, provinsi ini memiliki penduduk sebanyak 5.640.629 jiwa dengan mayoritas beragama Islam.

Baca Juga: Identifikasi Tujuan dan Bahasa dalam Tiga Teks Prosedur, Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 86-88

Sumatera Barat terdiri dari 12 kabupaten dan tujuh kota dengan pembagian wilayah administratif sesudah kecamatan di seluruh kabupaten (kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai) dinamakan sebagai nagari.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat