bdadinfo.com

Pembangunan SPAM Umbulan Tingkatkan Layanan Air Bersih 5 Kabupaten di Jatim: Ditargetkan Rampung 2023? - News

Pembangunan SPAM Umbulan Tingkatkan Layanan Air Bersih 5 Kabupaten di Jatim: Ditargetkan Rampung 2023? /Gresikkab.go.id

- Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Diana Kusumastuti sedang meninjau langsung Pekerjaan Pembangunan Jaringan Perpipaan bagi percepatan SPAM Regional Umbulan Provinsi Jawa Timur di Manyar.

Rencananya pembangunan ditargetkan pada bulan Desember air dari sumber mata air Umbulan, Pasuruan sudah dapat mengalir ke rumah warga sebagaimana dikutip dari gresikkab.go.id.

Adapun Air Umbulan saat ini sudah dapat dinikmati oleh warga Gresik yang terletak di wilayah Kecamatan Kebomas dan Gresik Kota bahkan tahun ini akan diperluas hingga Kecamatan Duduksampeyan Gresik.

Baca Juga: Keindahan Jalan Tol Cisumdawu Menembus Gunung, Waktu Tempuh Cirebon ke Bandung hanya Butuh 30 Menit

Dengan rombongan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR datang ke Gresik yang ditemui langsung oleh Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani dan Kepala Dinas Cipta Karya, Perumahan dan Kawasan Permukiman (CKPKP) Gresik, Ida Lailatussa'diyah pada Kamis 28 September 2023.

Melainkan progresnya hingga September sudah mencapai 77,670 persen dengan target penyelesaian pada Desember 2023.

Kemudian rombongan berjalan kaki menuju lokasi pemasangan pipa HDPE yang diameter 630 mm dengan metode HDD crossing jalan tol Surabaya - Gresik overpass Suci, Manyar.

Baca Juga: Menggelitik! Ternyata Inilah Asal Usul di Balik Singkatan MD Milik Mahfud MD, Bukan Nama Asli?

Demikian Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Diana Kusumastuti menyatakan bahwa adanya pemasangan pipa ini.

Air Umbulan yang memiliki debit air 4.000 liter per detik dapat menambah sambungan rumah di Gresik namun terlebih lagi yang diharapkan dapat menambah 14.500 sambungan rumah dan digunakan oleh masyarakat.

"Oktober Insya Allah selesai, mudah-mudahan Desember air sudah bisa ngalir ke masyarakat," ujar Diana.

Pada bulan Oktober pemasangan pipa sudah selesai akan dikerjakan flushing kemudian tes comisioning dan uji alir paling lambat hingga Desember setelah selesai semuanya, air dapat mengalir ke sambungan rumah.

Baca Juga: Delegasi Indonesia Dukung Sejumlah Isu pada Pertemuan COP-5 di Jenewa

Walaupun Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani mengapresiasi Kementerian PUPR Dirjen Cipta Karya yang selalu memberikan perhatian kepada Pemkab Gresik dan masyarakat Gresik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat