bdadinfo.com

Sumatera Tengah Segera Terwujud? Inilah 7 Kabupaten Bakal 'Hengkang' dari Sumatera Barat - News

7 Kabupaten yang akan keluar dari provinsi Sumatera Barat. Terkait wacana pemekaran wilayah kembali menjadi sorotan di Provinsi Sumatera Barat. Jika, provinsi baru Sumatera Tengah berdiri.

- Ada sekitar tujuh kabupaten yang akan keluar dari provinsi Sumatera Barat.

Terkait wacana pemekaran wilayah kembali menjadi sorotan di Provinsi Sumatera Barat. Jika, provinsi baru Sumatera Tengah berdiri.

Di mana isu Provinsi Baru Sumatera Tengah bakal terwujud sebentar lagi? Dalam surat yang dikirim pada 27 Oktober 2022, pemerintah memohon persetujuan untuk merealisasikan pembentukan provinsi pemekaran ini.

Baca Juga: Fresh Graduate Wajib Tahu! Inilah 5 Keuntungan Ikut Program Management Trainee: Nomor 2 Paling Diincar

Namun, perlu diingat bahwa usulan pembentukan Provinsi Sumatera Tengah masih dalam tahap wacana dan belum ada kepastian kapan rencana ini akan terealisasi.

Sumatera Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatra dengan ibu kota Padang.

Provinsi Sumatera Barat terletak sepanjang pesisir barat Sumatra bagian tengah, dataran tinggi Bukit Barisan di sebelah timur, dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai.

Baca Juga: Jokowi Resmikan SPALDT Palembang: Ini yang Pertama Bagi Saya Selama Jadi Presiden

Dari utara ke selatan, provinsi dengan wilayah seluas 42.012,89 km² ini berbatasan dengan empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Sumatera Barat adalah rumah bagi etnis Minangkabau, walaupun wilayah adat Minangkabau sendiri lebih luas dari wilayah administratif Provinsi Sumatera Barat saat ini.

Pada tahun 2023, provinsi ini memiliki penduduk sebanyak 5.640.629 jiwa dengan mayoritas beragama Islam.

Baca Juga: Nggak Sembarang Mobil Bisa Nikmati Tol Indralaya-Prabumulih, Kelebihan Muatan Pasti Ketangkap karena Alat Ini

Sumatera Barat terdiri dari 12 kabupaten dan tujuh kota dengan pembagian wilayah administratif sesudah kecamatan di seluruh kabupaten (kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai) dinamakan sebagai nagari.

Provinsi baru yang diberi nama Sumatera Tengah akan dibentuk dan melibatkan sejumlah kabupaten.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat