bdadinfo.com

Sumatera Tengah Sudah Berdiri? Inilah 7 Kabupaten Terlibat Pembentukan Provinsi Baru Bakal Keluar dari Sumbar - News

Provinsi baru yaitu provinsi Sumatera Tengah yang kemarin itu sudah ada juga usulan tentang pemekaran kabupaten-kabupaten di Sumatera Barat jadi ada beberapa kabupaten dan sekarang ini.

 

- Ada wacana terkait pembentukan Provinsi baru yaitu provinsi Sumatera Tengah yang kemarin itu sudah ada juga usulan tentang pemekaran kabupaten-kabupaten di Sumatera Barat jadi ada beberapa kabupaten saat ini.

Baca Juga: Sumatera Tengah Segera Terwujud? Inilah 7 Kabupaten Bakal 'Hengkang' dari Sumatera Barat

Sumatera tengah Jadi ada beberapa kabupaten yang diambil dari 3 Provinsi dijadikan satu menjadi Sumatera Tengah isunya terus bergulir dan menurut wacana ada 7 kabupaten yang akan keluar dari Sumatera Barat dilansir dari kanal youtube mulifa chanel sebagai berikut:

1. Kabupaten Dharmasraya
2. Kabupaten Sijunjung
3. Kabupaten Solok Selatan
4. Kabupaten Kuansing
5. Kota Kerinci
6. Kabupaten Bungo
7. Kabupaten Sungai Penuh

Baca Juga: PLN UID Sumbar Rangkul Mitra Kerja Wujudkan Iklim Usaha Sehat Berbasis ISO

Sumatera Tengah ini sendiri kan sudah ada dulu provinsinya ini pada Tahun 1948 waktu zaman RIS (Republik Indonesia Serikat) ini kembali lagi muncul Sumatera Tengah yang baru ya wacana pembentukan Provinsi Sumatera Tengah.

Akhir-akhir ini bahkan surat usulan pembentukan Provinsi Sumatera Tengah ini beredar di medsos salinan dokumen tentang usulan pemekaran provinsi Sumatera Tengah dokumen yang dibuat di Pulau pejuang ini di Sumatera Barat.

Kabupaten Nama saya tertanggal level 27 Oktober tahun 2002 2 itu ditujukan ke Presiden RI Joko Widodo sang inisiator sendiri yaitu ketua dari inisiator ini Haji Zulfikar Atut Datuk penghulu basar dan sekretaris Haji masfur mengutip narasi dari salinan.

Dalam dokumen itu disebutkan kami inisiator pembentukan calon pemekaran provinsi Sumatera Tengah bersama ini mengajukan usulan dan permohonan kepada bapak Presiden RI.

Baca Juga: Rayakan HLN ke-78, PLN Payakumbuh Berbagi Bingkisan Sembako

Untuk dapat mewujudkan provinsi Sumatera tengah dalam rangka peningkatan kesejahteraan rakyat melalui peningkatan pelayanan percepatan perekonomian pengelolaan potensi di daerah serta meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Jadi nantinya provinsi Sumatera Tengah ini merupakan provinsi yang ke-38 di Indonesia surat yang tersebut ditembuskan kepada seluruh kepala daerah dan ketua DPRD yang daerahnya masuk di dalam daftar usulan yang dimekarkan gitu jadi Adapun daerah

yang diusulkan tergabung dengan provinsi Sumatera Tengah yakni Kabupaten Kerinci Sungai Penuh dan Muara Bungo. Provinsi Jambi kabupaten Kuacing di Riau dan Pasar Raya, Sijunjung Solok Selatan yang ada di Sumbar jadi juga dijelaskan jika 7 wilayah.

Yang diusulkan bergabung dalam provinsi Sumatera Tengah memiliki penduduk sekitar satu juta 847.000 jiwa dengan luas daerah 23.170 km2 jadi ada beberapa polemik ini membuat kepala daerah ada yang setuju.

Baca Juga: Rayakan HLN ke-78, PLN Payakumbuh Berbagi Bingkisan Sembako

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat