bdadinfo.com

Segera Hadir! Pembangunan Rumah Sakit Kedua Terbaru IKN di Kalimantan Timur Telan Biaya Rp500 Miliar - News

Pemabangunan rumah sakit terbaru di IKN akan segera dimulai (setkab.go.id)

Presiden Jokowi melaksanakan peletakan batu pertama atau groundbreaking Rumah Sakit (RS) Mayapada Hospital Nusantara di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu 1 November 2023.

Rumah Sakit kedua yang akan dibangun di IKN nantinya akan menjadi RS hijau untuk mendukung pembangunan IKN sebagai ibu kota negara pertama di dunia yang mengusung konsep kota hutan atau forest city.

“Mayapada Hospital Nusantara ini juga akan mengusung konsep efisiensi dan konservasi energi. Urusan yang berkaitan dengan hijau, hijau, hijau itu selalu akan kita dengungkan untuk ibu kota kita, Nusantara,” ujar Presiden dalam sambutannya sebagaimana dikutip dari setkab.go.id.

Baca Juga: Viral! Beredar Video Wanita Marah saat Driver Ojol Minta Cancel Orderan dan Bayar Cash, Pernah Alami Hal Sama?

Selain itu Presiden menerangkan bahwa di tempat yang nantinya akan beroperasi rumah sakit ramah lingkungan dengan 20 persen dari total luasan lahan dimanfaatkan sebagai area hijau

Bahkan dilengkapi dengan taman penyembuhan dengan sistem kelola taman untuk membantu percepatan kesembuhan pasien dan Presiden juga meminta RS Mayapada Hospital Nusantara bisa menjadi contoh RS ramah lingkungan.

“Saya minta agar nantinya Rumah Sakit Mayapada Hospital ini memberikan contoh rumah sakit yang betul-betul ramah lingkungan, mengoptimalkan pemanfaatan teknologi, mengefisienkan pemakaian energi dan air, memaksimalkan cahaya matahari, dan membangun sistem daur ulang air limbah yang baik, serta menyediakan kolam resapan untuk penyerapan air hujan agar bisa dimanfaatkan kembali,” ujar Jokowi.

Baca Juga: Sensasi Menjelajahi Masa Lalu: Mengenal Sejarah dari Cagar Budaya Lubang Jepang Bukittinggi

Kepala Negara meyakini apabila pengalaman yang dimiliki oleh Mayapada Hospital dengan mitra-mitra internasionalnya akan dapat memberikan pelayanan yang professional dan menangani kasus-kasus kesehatan yang kompleks untuk masyarakat.

Presiden juga berpesan agar pasien dari masyarakat pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan tidak dilupakan.

Jokowi mengatakan bahwa tadi sudah dititipkan kepada Pak Menteri Kesehatan–pasien-pasien BPJS jangan dilupakan.

Baca Juga: Berfokus Menyejahterakan Santri dan Pesantren, Berikut Rencana yang Telah Disusun Anis dan Cak Imin

Kemudian selepas peletakan batu pertama dikerjakan, Presiden Jokowi mengharapkan agar pembangunan RS tersebut dapat segera dilakukan.

Diharapkannya pada semester kedua pada tahun 2024, RS Mayapada Hospital Nusantara siap beroperasi dan memberikan pelayanan kepada ibu dan anak, penanganan kegawatdaruratan dan ortopedi, jantung, dan stroke.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat