bdadinfo.com

Ground Breaking PLTS di IKN, Tanda Keseriusan Pemerintah Membangun Kota Berbasis Energi Terbarukan - News

Presiden Jokowi Meletakan Batu Pertama Pembangunan PLTS Bersama Pihak Terkait    (setkab.go.id)




Semakin hari Presiden Jokowi semakin gencar untuk menunjukan jika Ibu Kota Nusantara akan berbasis energi hijau terbarukan. Hari ini Jokowi melakukan ground breaking Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Pasir Utara, Kalimantan Timur.

Pembangunan PLTS ini disebut Jokowi sebagai ujung tombak dalam pembuatan pembangkit energi terbarukan di IKN dan juga bentuk keseriusan pemerintah dalam menjunjung konsep kota hutan (forest city).

“PLTS ini menunjukkan keseriusan pemerintah untuk menyiapkan sistem kelistrikan yang andal, yang berbasis pada ramah lingkungan untuk pemenuhan kebutuhan listrik di IKN. Pemanfaatan EBT di IKN selaras dengan konsep pembangunan di IKN, sebagai ibu kota negara yang berkonsep forest city, yang hijau dan ramah lingkungan,” ujar Jokowi yang dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.

Baca Juga: Indomaret Usung Konsep Saling Menguntungkan dan Percaya

Jokowi berucap jika dibangunnya PLTS dengan kapasitas 50 megawatt ini akan mampu mengurangi 104 ribu ton emisi karbon setiap tahunnya.

“PLTS ini akan memproduksi energi hijau sekitar 93 gigawatt/hour per tahun, dan mampu mereduksi emisi sebesar 104 ribu ton CO2 per tahunnya,” ujar Jokowi.

Secara khusus  Jokowi berpesan kepada Direktur Utama (DIrut) PLN Darmawan Prasojo agar memastikan jaringan kabel-kabel listrik tidak terlihat agar tidak mengganggu keindahan. Jokowi meminta agar kabel ditanam di bawah (ground cable).

Prasojo menyampaikan jika kapasitas dari pembangkit listrik ini dapat ditingkatkan jika memang dirasa perlu. Prasojo juga mengatakan jika PLN akan memanfaatkan potensi sumber daya terbarukan air dari sungai dan danau yang ada di sekitar IKN untuk memenuhi kebutuhan listrik.

“Dengan demikian nantinya sistem kelistrikan di IKN Nusantara akan berbasis pada energi baru terbarukan, sehingga kita tidak hanya mampu menghasilkan listrik yang andal, tetapi juga yang bersih dan tidak mencemari lingkungan,” ucap Prasojo.

Baca Juga: Forum Kabupaten Bandung Sehat Kunjungi Padang Panjang

Jokowi menyebutkan jika pembangunan PLTS ini akan semakin melengkapi fasilitas yang ada di IKN. IKN sendiri nantinya akan memiliki 5 hotel, yang 4 diantara adalah hotel bintang 5 dan 1 hotel bintang 4. Selanjutnya akan dibangun juga 4 rumah sakit dan sekolah.  

“Dengan demikian nantinya sistem kelistrikan di IKN Nusantara akan berbasis pada energi baru terbarukan, sehingga kita tidak hanya mampu menghasilkan listrik yang andal, tetapi juga yang bersih dan tidak mencemari lingkungan,” tandasnya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat