bdadinfo.com

Gubernur Kepri Resmikan PLTS dan BPBL di Pulau Panjang Batam, Warga Pasti Ceria! - News

Gubernur Kepri saat meresmikan PLTS dan BPBL. (dok. Pemkab Kepri)

- Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad yang meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) di Pulau Panjang, Kota Batam.

Terdapat 6 pulau di Kepri yang mendapatkan jatah pembangunan PLTS tersebut. PLTS ini sendiri diresmikan pada Rabu, 1 November 2023.

Berbagai pulau di Kepri tersebut antara lain Pulau Akar, Pulau Panjang dan Pulau Geranting di Kota Batam, Pulau Jaga di Kabupaten Karimun serta Pulau Sebong dan Pulau Nuja di Kabupaten Lingga sebagaimana dikutip dari kepriprov.go.id, Sabtu, 4 November 2023.

Baca Juga: Wujudkan Payakumbuh Terang, Srikandi PLN Pasang Listrik Gratis untuk 94 Masyarakat Kurang Mampu

Sedangkan untuk Program BPBL, di tahun 2023, dirasakan manfaatnya oleh sebanyak 3.248 rumah tangga.

Sementara itu, dari tahun 2021 hingga 2023 BPBL sudah terpasnag di 11.898 rumah tangga yang sudah menerima bantuan.

Gubernur Ansar menyambut baik pembangunan PLTS yang memanfaatkan energi terbarukan yang berharap memberikan nilai tambah besar untuk masyarakat tersebut.

Baca Juga: Indomaret Buka Lowongan Kerja, Program Baru Supervisor Trainee Jadi Sasaran Utama

Namun Ansar mengatakan bahwa di tahun ini ada 6 pulau dan dusun melalui program PLN yang diresmikan pembangunannya dengan tambahan 24 pulau atau dusun di tahun 2024 yang saat ini dalam proses pelelangan.

"Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca atau polusi udara selama operasinya, sehingga berkontribusi mengurangi dampak perubahan iklim. Dengan beroperasinya PLTS ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan listrik bagi masyarakat," harap Ansar

Gubernur Ansar dengan merinci Program Kepri Terang yang sedang berjalan saat ini diantaranya Bantuan pasang baru listrik untuk masyarakat kurang mampu dan berada di wilayah 3T.

Baca Juga: Soal Putusan MK tentang Usia Minimal Capres dan Cawapres, Sulistyowati Irianto: Rakyat Ditipu!

Adapun pengadaan dan pemasangan genset serta jaringan listrik di daerah 3T, pengadaan dan pemasangan jaringan tegangan menengah dan rendah, revitalisasi JTM dan JTR di kawasan cagar budaya, heritage, kota tua dan penerangan jalan umum.

Ansar mengatakan bahwa pada dasarnya Pemerintah Provinsi Kepri sangat mendukung pembangunan energi berkelanjutan dengan memanfaatkan energi baru terbarukan (EBT) untuk  daerah yg sulit dijangkau jaringan PLN, Salah satu program tersebut ialah peningkatan rasio elektrifikasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat