bdadinfo.com

Upaya agar Inflasi Kepri Stabil, Gubernur Ansar Resmikan Cold Storage Cabai Tanjungpinang - News

Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad meresmikan Sarana dan Prasarana Logistik Pangan berupa Cold Storage sebagai penyimpanan cabai. (Dok Pemprov Kepri)

- Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad meresmikan Sarana dan Prasarana Logistik Pangan berupa Cold Storage sebagai penyimpanan cabai untuk Kota Tanjungpinang, Sabtu 28 Oktober 2023 kemarin. 

Cold storage ini dibangun dari Dana APBN melalui Badan Pangan Nasional (Bapanas) dengan total Rp2,1 Miliar. 

Cold Storage ini dibangun di Pelabuhan Roro Dompak, Kelurahan Dompak Kecamatan Bukit Bestari.

Baca Juga: Dongkrak Pertanian Kalsel! Bupati Aulia dan Kementerian PUPR Fokus Pembangunan Bendungan Pancur Hanau

Cold storage ini memiliki kapasitas 7,5 ton dan mampu menyimpan bahan pangan hingga 3 bulan lamanya. 

Adapun pembangunna cold storage ini merupakan hasil pendekatan yang dilakukan Gubernur Ansar bersama Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Kesehatan Hewan (KP2KH) Kepri Rika Azmi yang menjemput bola bertemu langsung Kepala Bapanas RI Arief Prasetyo Adi di Jakarta 3 bulan lalu.

Saat itu Gubernur Ansar meminta bantuan pembangunan dua storage, untuk cabai di Tanjungpinang ini dan container daging di Karimun yang rencananya akan diresmikan bulan depan.

Baca Juga: Pemkab Pesisir Selatan Sewakan Cold Storage dan Rice Milling ke Masyarakat

"Saya mengakui Kepala Bapanas itu top dan hebat. Dalam waktu tiga bulan permintaan kita dipenuhi. Kita harus buktikan ini sukses, sehingga bisa meminta bantuan yang lain. Kita kontrol langsung cold storage cabai ini dan container untuk daging di Karimun" ujar Gubernur Ansar. 

Menurut Gubernur, penyediaan cold storage ini sangat mendukung upaya Pemprov Kepri yang saat ini sedang getol melaksanakan gerakan tanam cabai bersama. Di mana cabai merupakan salah satu komoditi penyumbang terbesar inflasi di Kepri. 

"Alhamdulillah dari hasil neraca pangan kita, saat ini sebulan kita sudah bisa memproduksi rata-rata 600 ton, jadi masih minus lebih kurang seratus ton," jelasnya. 

Baca Juga: Tol Payakumbuh-Pangkalan Siap Dibangun, Mesin Bor Raksasa Seukuran Lapangan Sepak Bola Bakal Didatangkan!

"Kita juga menghindari jangan sampai kalau nantinya terjadinya panen raya cabai di Kepri karena kelebihan supply dibandingkan demand, maka harga dapat merosot. Untuk itu tersedianya cold storage ini akan sangat membantu mengontrol hal tersebut" katanya melanjutkan. 

Gubernur Ansar mengaku, gerakan menanam cabai tersebut sangat memengaruhi kestabilan inflasi di Kepri yang saat ini terbilang sangat baik.

Dengan rincian bulan Agustus 2023 dibandingkan dengan Juli 2023 (m-t-m) sebesar 0,16%, sedangkan Agustus 2022 dibandingkan dengan Agustus 2023 (y-o-y) sebesar 2,97%.  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat