bdadinfo.com

IKN Bakal Jadi Global Smart City di Tangan Perusahan Manufaktur Teknologi Terbesar Jerman Ini - News

Kantor Siemens.  (dok. SIEMENS)

Ibu Kota Negara (IKN) melakukan lompatan teknologi melalui kerjasama dengan perusahaan dunia bertujuan mewujudkan smart forest city yang berkelanjutan.

Mega proyek IKN kini telah melibatkan 7 perusahaan teknologi, di mana 2 perusahaan berasal dari dalam negeri dan 5 perusahaan berasal dari luar negeri.

Salah satunya adalah Siemens yang dikenal sebagai perusahaan manufaktur terbesar di Eropa. Siemens dikenal punya basis sains dan teknologi R&D yang kuat, dengan slogannya ingenuity for life.

Baca Juga: Gak Usah Bingung! Ternyata Begini Cara Masuk IKN Nusantara Lewat Jalan Tol Baru Ini

Siemens memiliki sejarah panjang dengan Indonesia. Di tahun 1855 perusahaan asal Jerman ini membangun proyek yang berfokus pada sistem telekomunikasi di Indonesia sebagai negara Asia pertama yang bekerjasama dengannya.

Dalam tayangan di kanal Youtube Insight Web Academy, dilansir Kamis, 9 November 2023, Hora Tjitra yang pernah bekerja selama 15 tahun di Siemens sebagai advisor, researcher dan trainer bagi para leaders di Siemens, menerangkan beberapa fokus bisnis yang dijalankan oleh Siemens.

Siemens memiliki kekuatan industri otomasi, dimana industri 4.0 adalah salah satu pembaharuan yang digerakkan oleh Siemens.

Baca Juga: Pemko Padang Panjang Akan Ikuti Culture Fest ASN BerAKHLAK 2023

Di samping itu Siemens juga unggul dalam power plan energy dan yang terbaru adalah intelligent infrastructure atau insfrastruktur cerdas.

Infrastruktur cerdas merupakan upaya mengoptimalkan sumber daya dengan kehadiran tenaga ahli untuk mengelolanya.

Siemens mempunyai ritme inovasi yang pelan dan kompleks, tidak masif seperti apa yang dilakukan oleh silicon valley. Tetapi Siemens memiliki komitmen besar terhadap penemuan-penemuan yang lahir dari research and development serta teknologi berkelanjutan.

Baca Juga: Nagari Koto Nan Tigo IV Koto Hilie Pesisir Selatan Gelar Musrenbang RKP 2024

Hal ini menjadi benang merah antara Siemens dan mega proyek pembangunan ibu kota negara IKN yang mengusung sustainable smart forest city.

Kerjasama ibu kota negara IKN dengan Siemens telah disepakati untuk pengembangan sektor smart energy, smart city, smart building dan infrastruktur mobilitas cerdas serta sistem industri otomasi sebagai keunggulan yang dimiliki Siemens.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat