bdadinfo.com

Terkendala Medan, Begini Proses Evakuasi Para Pendaki Gunung Marapi - News

Proses Evakuasi Pendaki Gunung Marapi (Istimewa)

Gunung Marapi, Sumatera Barat, yang mengalami erupsi pada pukul 14.54 WIB kemarin membuat sejumlah pendaki terjebak di sekitar gunung.

Oleh sebab itu, sejak semalam tim SAR gabungan dan beberapa pihak terkait terus berupaya melakukan evakuasi.

Di tengah medan yang berat karena tertutup abu vulkanik dan hujan yang mengguyur area Gunung Marapi, satu per satu korban akhirnya berhasil dievakuasi.

Baca Juga: 6 Kabupaten/Kota di Sumbar Terdampak Erupsi Gunung Marapi, BMKG Prediksi Dampaknya Masih Akan Terasa hingga Besok

Meskipun terkendala medan, proses evakuasi para pendaki terus berlanjut. Para korban yang masih dalam keadaan sadar digendong oleh tim SAR hingga tiba di posko keamanan.

Berdasarkan video yang diterima redaksi , terlihat satu orang pendaki perempuan yang berhasil diselamatkan oleh tim SAR.

Pendaki ini masih dalam keadaan sadar. Ia digendong oleh salah seorang tim evakuasi sembari merintih kesakitan.

Baca Juga: Sejarah Panjang Erupsi Gunung Marapi Sudah Meletus Lebih dari 50 kali Sejak Akhir Abad 18 Sampai Memakan Korban Jiwa

Seorang tim yang ikut membantu proses evakuasi merapalkan takbir yang kemudian diikuti oleh korban guna meredakan sakitnya.

Video tersebut juga memperlihatkan kondisi medan yang licin akibat hujan.

Namun, hal ini tidak menghentikan upaya evakuasi demi menyelamatkan korban yang masih terjebak di area Gunung Marapi.

Baca Juga: Warga Tuminting & BRI Ubah Lahan Timbunan Sampah Jadi Lahan Urban Farming 'BRInita'

Informasi terkini dari Kepala Kantor SAR Padang, setelah dilakukan proses evakuasi hingga pagi ini, terdapat 11 pendaki dilaporkan meninggal dunia.

Abdul Malik mengatakan bahwa 11 orang dalam keadaan Mc Delta atau meninggal dunia dan saat ini sedang dalam proses evakuasi dari puncak ke bawah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat