bdadinfo.com

Apa Yang Dimaksud Dengan Iskemia? Penyebab Kematian Terbanyak Nomor Satu di Dunia - News

 Apa Yang Dimaksud Dengan Iskemia? Penyebab Kematian Terbanyak Nomor Satu di Dunia/aha.drci.org


- Memang benar Iskemia dikenal dengan penyakit Jantung, tetapi Iskemia juga dapat menyerang organ apa saja. Iskemia itu sendiri adalah nyeri yang terjadi karena kerusakan jaringan di otot jantung.

Kerusakan jaringan pada otot jantung dikarenakan kekurangan pasokan oksigen.

Penyebab dari kurangnya pasokan oksigen ke jantung dilandasi oleh beberapa hal seperti Takikardia Ventrikel, Penyakit Jantung Koroner (PJK), Kelainan Jantung Bawaan, Penyakit Arteri Koroner, Tekanan Darah Tinggi, LDL atau Kolesterol Jahat, Diabetes, Obesitas, Stres, Kurang Olahraga, Merokok, Umur, Gen dan Kadar Trigliserida Tinggi.

Baca Juga: Terapkan Prinsip ESG, BRImo FSTVL Gandeng BenihBaik Tanam 33 Ribu Pohon Mangrove

Bernafas merupakan salah satu aktivitas setiap makhluk hidup, termasuk manusia.

Setiap manusia bernafas dengan menarik oksigen dari hidung ke paru-paru dan masuk ke dalam darah. Kemudian menyebar ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah, vena, dan arteri.

Setiap pembuluh darah berukuran yang berbeda-beda ada yang besar dan ada juga yang berukuran kecil, ketika salah satu darinya berhenti bekerja, seseorang dapat mengalami iskemia.

Baca Juga: Relawan Rumah Sakit Indonesia Ceritakan Susana Mencekam di Gaza: Ketika Bom Jatuh, Kami Hanya Bisa Terdiam di Kamar

Iskemia terjadi karena beberapa bagian tubuh manusia tidak mendapat cukup darah, sehingga juga tidak mendapat cukup oksigen dan ini bisa terjadi di otak, kaki, dan hampir semua bagian tubuh yang memiliki pembuluh darah.

Penyebab utama iskemia ialah aterosklerosis. Aterosklerosis itu sendiri merupakan suatu kondisi dimana ada penumpukan plak di lapisan dalam arteri, plak itu sendiri terdiri dari endapan zat lemak, kolesterol, produk limbah seluler, kalsium, dan fibrin.

Ketika plak tersebut menumpuk di arteri, dinding arteri menjadi menebal dan kaku dan menyebabkan diameter pembuluh darah menjadi kecil.

Baca Juga: Horee! Jalan Tol Padang-Pekanbaru Semakin Lengkap, Tinggal Nunggu Proyek di Sumatera Barat yang ‘Lambat’ nih: Kapan?

Biasanya ketika kebanyakan orang yang mengalami iskemia biasanya ada penumpukan atau penyumbatan di arteri mereka, hal ini dapat menyebabkan masalah yang mengancam jiwa seperti serangan jantung atau stroke.

Iskemia sangat mengancam kehidupan karena dikenal sebagai penyebab kematian nomor satu didunia, tetapi tergantung di mana iskemia itu sendiri terbentuk.

Berikut masalah yag ditimbulkan oleh Iskemia pada tubuh:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat