bdadinfo.com

Lawan Korupsi dan Lindungi HAM dalam Proses Pembangunan IKN, Otorita IKN Tandatangani MOU dengan KPK dan Komnas HAM - News

Otorita IKN tandatangani MOU dengan KPK dan Komnasham  (Pexels/Fauxels)

Sebuah langkah besar telah diambil dalam memperkuat hak asasi manusia dan memerangi korupsi dalam pembangunan Ibu Kota negara (IKN) Nusantara pada Rabu, 20 Desember 2023.

Otorita IKN Nusantara memperkuat sinergi dengan menandatangani nota kesepahaman bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) serta Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnasham).

Tindakan ini menandai komitmen dalam mewujudkan pola ESG (Environmental Social Governance) yang terintegrasi dengan baik dalam pembangunan.

Baca Juga: Parah! Zulkifli Hasan Diduga Bikin Blunder Tentang Gerakan Sholat, Warganet: Wah Ini Beda Nih

Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono mengungkapkan kegembiraannya atas kolaborasi ini.

Lantaran jadi langkah penting dalam mewujudkan tujuan ESG mereka. Kolaborasi ini juga disambut hangat oleh ketua KPK, Nawawi Pomolango.

Dia melihatnya sebagai langkah tepat dalam mengawasi penyelenggaraan sistem pemerintahan di IKN dalam MOU dengan KPK.

Baca Juga: Dinantikan Belasan Tahun, Rencana Groundbreaking ‘Melenceng’, Bagaimana Nasib Flyover Sitinjau Lauik?

Adapun, kerja sama antara Otorita IKN dan KPK meliputi beberapa aspek kunci.

Aspek-aspek ini seperti pencegahan korupsi, monitoring pemerintahan, peningkatan kapasitas SDM, sosialisasi anti korupsi dan pertukaran informasi.

Bukan hanya itu, Otorita IKN juga memastikan transparansi dan keadilan dalam pengelolaan proyek posisis serta lokasi lahan dengan menghindari praktik bagi-bagi yang merugikan.

Baca Juga: Pernyataan Prabowo 'Endasmu Etik', Politisi PDI Perjuangan Aria Bima Sebut Semakin Membuat Jokowi Ragu

Seiring dengan itu, ketua Komnas HAM, Ati Kenova Sirigo menegaskan komitmennya dalam mengawasi pemenuhan HAM dalam pembangunan IKN.

Pengawasan langsung dilakukan untuk memastikan kondisi layak bagi pekerja konstruksi serta untuk mendukung upaya reforestasi sebagai bentuk penghargaan terhadap lingkungan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat