bdadinfo.com

Dinantikan Belasan Tahun, Rencana Groundbreaking ‘Melenceng’, Bagaimana Nasib Flyover Sitinjau Lauik? - News

Ilustrasi Flyover Sitinjau Lauik (Pexels.com)

Flyover Sitinjau Lauik yang berada di Jalan Raya Padang-Jambi, Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat pada November lalu telah memasuki babak baru.

Pasalnya, proyek pembangunan flyover ini telah mendapat persetujuan dari Menteri PUPR dan Presiden RI Joko Widodo.

Proyek yang telah dinantikan selama belasan tahun ini rencananya akan segera dilakukan groundbreaking pada 19 Desember 2023.

Baca Juga: Sambut Libur Nataru, 5 Ruas JTTS ini Dibuka Gratis: Sumatera Utara Paling Banyak Menggratiskan Tolnya Se-Sumatera!

Namun, 19 Desember 2023 telah berlalu. Hingga hari ini, 20 Desember 2023 masih belum ada kejelasan soal nasib flyover ini.

Pembangunan flyover Sitinjau Lauik sangat dinantikan oleh pengguna jalan dan warga setempat karena flyover ini akan meminimalisir jumlah kecelakaan yang terjadi di tanjakan ekstrem itu.

Tanjakan Sitinjau Lauik dikenal sebagai salah satu tanjakan paling ekstrem yang telah banyak memakan korban.

Baca Juga: Kritik Anies Bertubi-tubi Terhadap IKN, Apakah Pembangunannya Bisa Dibatalkan? Dua Pakar Hukum Mengatakan Ini

Kondisi jalan yang menanjak dan menukik tajam dengan sudut kemiringan hingga 45 derajat membuat beberapa kendaraan sulit untuk melewatinya.

Terlebih bagi pengendara yang masih awam dengan daerah ini, pastinya akan sulit melintasi tanjakan ekstrem yang satu ini.

Kondisi jalan ini akan semakin parah ketika musim penghujan. Jalanan yang licin membuat kendaraan akan mudah tergelincir.

Baca Juga: Jelang Libur Nataru, 9 Ruas JTTS Dibuka dan Dioperasikan: Tol Riau dan Sumut Paling Mendominasi di Seluruh Sumatera!

Oleh sebab itu, flyover yang akan menghubungkan Kota Padang dan Kabupaten Solok ini merupakan sebuah solusi.

Dengan adanya flyover, radius tikungan akan berubah dari semula kurang dari 15 meter menjadi kurang dari 95 meter. Selain itu, jarak pandang nantinya juga akan menjadi lebih baik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat