bdadinfo.com

Flyover Sitinjau Lauik Masuk Tahap Groundbreaking, Lobi Siapa? - News

‘Lobi’ Gubernur Sumbar ke Kementerian PUPR Berhasil, Flyover Sitinjau Lauik Masuk Tahap Groundbreaking pada.. (Tangkapan Layar Instagram @sitinjaulauik_id)

Pembangunan Flyover Sitinjau Lauik akhirnya memasuki babak baru di bulan November 2023 ini.

Sebelumnya seperti yang disinggung oleh Sekjen Kementerian PUPR, Gubernur Sumbar, Mahyeldi kerap mampir dan melakukan ‘lobi’ dengan Kementerian PUPR agar pembangunan Flyover Sitinjau Lauik bisa segera dikebut.

Usaha ‘lobi’ tersebut pun membuahkan hasil manis, pembangunan Flyover Sitinjau Lauik kini masuk ke tahap Groundbreaking pada bulan mendatang.

Baca Juga: Progres Pembangunan Fly Over Sitinjau Lauik: Menteri PUPR Setujui KPBU, Gubernur Sumbar Segera Lakukan ini

Moh. Zainal Fatah selaku Sekjen Kementerian PUPR ungkap bahwa usaha keras Gubernur Sumbar dalam ‘melobi’ akhirnya membuahkan hasil.

Menurutnya, Gubernur Sumbar adalah sosok yang paling sering ia temui saat berada di kantor PUPR.

“Saya tadi bisik-bisik ke Pak Gubernur sepanjang saya bertugas di Sekjen, gubernur yang paling sering datang itu Gubernur Sumatera Barat,” ujarnya pada 1 November 2023 lalu.

Baca Juga: Terkuak! Ternyata Ini Alasan Suku Sikumbang Minangkabau Disebut Sebagai Suku Paling Ditakuti 

Usaha Gubernur Sumbar dan sejumlah pihak terkait lainnya pun tak main-main, Sekjen Kementerian PUPR mengungkap bahwa Gubernur Sumbar tak hanya datang sendiri tetapi juga mengajak para bupati dan walikota Sumbar lainnya.

Gubernur Mahyeldi mengatakan bahwa hasil pembicaraannya dengan Presiden Jokowi yang berlangsung cukup lama dari pagi sampai malam adalah direncanakan 19 Desember 2023 pembangunan Flyover Sitinjau Lauik akan memasuki tahap groundbreaking.

Untuk itu pihak Pemprov Sumbar akan segera menyelesaikan Revisi RTRW Sumbar, serta mendorong percepatan izin kawasan hutan dari Kementerian LHK.

Baca Juga: Jalan Tol Pertama di Kalimantan, Inilah Sederet Fakta Menarik Jalan Tol IKN Ruas Balikpapan - Samarinda

Segala kelengkapan dokumen dan studi kelayakan pengusahaan KPBU Fly Over Sitinjau Lauik dikirim oleh Dirut PT Hutama Karya (HK) pada 31 Maret 2023 setelah melakukan tahapan value engineering.

Tahapan tersebut dilakukan bersama kementerian PUPR, KNKT, Bappeda, Dinas BMCKTR, dinas LH, Dinas Kehutanan dan dinas perhubungan Sumatera Barat serta lembaga terkait lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat