bdadinfo.com

Sambut Libur Nataru, 5 Ruas JTTS ini Dibuka Gratis: Sumatera Utara Paling Banyak Menggratiskan Tolnya Se-Sumatera! - News

Ilustrasi pembayaran tarif tol yang akan ditiadakan setidaknya pada 5 lima ruas Jalan Trans Sumatera (JTTS) guna menyambut libur Nataru, paling banyak hadir dari jalan tol di Provinsi Sumatera Utara (Hutama Karya)

- Menyambut Hari Raya Natal dan tahun baru 2024 atau libur Nataru yang akan tiba tidak lama lagi, sejumlah kebijakan coba diterapkan oleh pemerintah.

Salah satunya terkait mengantisipasi kenaikan Volume Lalu Lintas (VLL) yang diprediksi akan mengalami kenaikan saat libur Nataru 

Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro menyebutkan, jika volume lalu lintas pada libur Nataru 2024 ini diperkirakan akan lebih tinggi 24 persen dibandingkan saat arus normal.

Baca Juga: Jelang Libur Nataru, 9 Ruas JTTS Dibuka dan Dioperasikan: Tol Riau dan Sumut Paling Mendominasi di Seluruh Sumatera!

Pemerintah dan pengembang jalan tol pun bersinergi menerapkan sejumlah keputusan terkait libur Nataru.

Terkhusus di Pulau Sumatera, diketahui 9 (sembilan) ruas jalan tol rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) akan dioperasikan saat libur Nataru.

Selain itu, pihak terkait juga akan menambah 5 (lima) ruas jalan tol rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera yang akan juga dibuka tanpa tarif atau gratis.

Baca Juga: Dari Ribuan Bidang Tanah Proyek Jalan Tol Padang-Sicincin, Kini hanya Tersisa 81 yang Belum Dibebaskan: Masih Optimis Rampung Sebelum Lebaran?

Diharapkan dengan dibukanya ruas tambahan dan diberlakukannya melintas tol secara gratis dapat meringankan beban dari sembilan ruas utama yang beroperasi serta jalan-jalan nasional.

Lebih lanjut, pengoperasian lima ruas jalan tol secara gratis ini juga dimaksudkan dapat mengendalikan kepadatan yang mungkin terjadi saat libur Nataru.

Menariknya, dari lima ruas jalan tol yang digratiskan oleh pemerintah, beberapa ruas yang dioperasikan secara cuma-cuma tersebut hadir dari Provinsi Sumatera Utara.

Baca Juga: Siap Bantu Pembebasan Lahan Proyek Tol, Pemerintah Pusat Tunggu Penlok dari Pemda Sumatera Barat: Ayo Mau Sampai Kapan Dibuat Menunggu? 

Provinsi Sumatera Utara menjadi daerah yang paling banyak mengoperasikan jalan tolnya secara gratis pada momen libur Nataru dibandingkan daerah lain yang ada di Pulau Sumatera.

Berikut lima ruas jalan tol yang masih belum bertarif atau dibuka gratis saat libur Nataru, yaitu:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat