bdadinfo.com

Asik! Konstruksi Jalan Tol Japek II Selatan Seksi 3 Terpanjang Rencananya Ditargetkan Beroperasi 2024 - News

Asik! Konstruksi Jalan Tol Japek II Selatan Seksi 3 Terpanjang Rencananya Ditargetkan Beroperasi 2024  / Freepik

- Percepatan penyelesaian dalam pembangunan secara bertahap untuk Jalan Tol terpanjang ruas Jakarta – Cikampek (Japek) II Selatan.

Adapun Jalan Tol Jakarta - Cikampek yang menghubungkan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1, JORR 2 dan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi).

Maka sesuai tahap ruas I dan II rampung namun PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) yang melanjutkan Jalan Tol Jakarta – Cikampek (Japek) II Selatan Seksi 3 ruas Sukabungah – Sadang.

Diketahui bahwa sudah dapat beroperasi secara komersial (commercial operation date/COD) pada semester II 2024 mendatang sebagaimana dikutip dari topkonstruksi.com.

Baca Juga: Ngebut Sampe 80 Km/jam di Tol Baru Riau ini Bikin Perjalanan yang Dulu Sejam jadi cuma 18 Menit saja, Beroperasi Gratis Pastinya! 

Lisye Octaviana selaku Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga menyatakan bahwa saat ini sedang merampungkan pembebasan lahan dan konstruksi untuk pengerjaan paket III proyek Jalan Tol Japek II Selatan.

Namun pembangunan Jalan Tol ruas Jakarta – Cikampek II Selatan yang membentang sepanjang 64km dengan biaya konstruksi senilai Rp8.8 triliun.

Sedangkan untuk kelanjutan pembangunan paket III proyek Tol Japek II Selatan hingga 8 Desember 2023 yang tercatat sudah mencapai 85,97 persen dengan progres pembebasan lahan sebesar 96,97 persen menurut laporan dari Iman Sulaiman selaku Direktur Teknik PT Jasamarga Japek Selatan.

Baca Juga: Rayakan HUT Ke-128 Di GBK, BRI Peduli Pilah & Kelola 5,5 Ton Sampah

Adapun pembangunan tersebut terdiri dari 3 Seksi diantaranya seksi 1 ruas Jatiasih - Setu sepanjang 9,3km, seksi ruas 2 Setu-Taman Mekar sepanjang 24,85km dan seksi 3 ruas Taman-Mekar Sadang sepanjang 27,85km.

Terlebih khusus untuk seksi 3 pembangunannya yang dilaksanakan oleh kontraktor PT Waskita Karya dan konsultan supervisi PT Cipta Strada.

Selain itu Jalan Tol Japek II Selatan tersebut nantinya yang memiliki 7 buah Gerbang Tol yakni GT Jati Asih, GT Bantar Gebang, GT Setu, GT Sukaragam, GT Taman Mekar, GT Kutanegara, dan GT Sadang.

Baca Juga: Rayakan HUT Ke-128 Di GBK, BRI Peduli Pilah & Kelola 5,5 Ton Sampah

Adapun proyek Jalan Tol ruas Japek 2 Selatan yang memiliki total panjang mencapai 62km dibangun dengan biaya invetasi sebesar Rp14,69 triliun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat