bdadinfo.com

Bupati Pesisir Selatan Serahkan Bantuan Beras Tahap III di Kecamatan Sutera - News

Bupati Pesisir Selatan Serahkan Bantuan Beras Tahap III di Kecamatan Sutera (Kominfo Pesisir Selatan)


PESISIR SELATAN, HARUIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan, Drs. Rusma Yul Anwar, M.Pd., secara simbolis menyerahkan bantuan sarana prasarana kepada nelayan dan beras pangan tahap III yang dikelola oleh Dinas Perikanan dan Pangan.

Penyerahan bantuan tersebut diadakan di UDPK Kantor Camat Sutera, Kamis (21/12).

Bantuan senilai RP.4.895.808.699,- berasal dari APBN/ APBD Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Anggaran 2023.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, pihak juga akan terus mengupayakan berbagai program dalam peningkatan perekonomian nelayan secara berkelanjutan.

Baca Juga: TPA Regional Payakumbuh Ditutup Sementara, Warga Bukittinggi Diminta Kelola Sampah Sendiri

"Besar harapan saya kepada nelayan penerima bantuan untuk dapat memanfaatkan bantuan ini sebaik-baiknya dan tidak boleh dipindahtangankan apalagi diperjualbelikan," pintanya.

Selain itu juga Rusma YulnAnwar juga berpesan kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) agar bisa memanfaatkan benih dan pakan ikan untuk peningkatan ekonomi dengan potensi dan lahan yang tersedia.

"Untuk Kelompok Pengolah dan Pemasar Ikan (POKLAHSAR),dengan adanya bantuan rehabilitasi unit pengolahan ikan dan pasar ikan agar dapat dipergunakan sebaik-baiknya," kata Bupati.

Kepala Dinas Perikanan dan Pangan (DPP), Firdaus. S.Pt., dalam laporannya memaparkan, bantuan yang bersumber dari APBN senilai Rp2.858.931.699 yang terdiri dari 3 paket bantuan sarana dan prasarana budidaya ikan nila, 3 paket bantuan sarana dan prasarana budidaya ikan lele, 12 paket bantuan sarana dan parasarana budidaya ikan gurame, 3 paket bantuan rehabilitasi unit pengolahan ikan dan 3 bantuan rehabilitasi pasar ikan.

"Untuk bantuan yang bersumber dari APBD Perubahan Kabupaten Pesisir Selatan sebanyak Rp2.036.877.000," tambah Firdaus.

Baca Juga: HUT Hanura ke-17, FDB: Gunakan Politik Cerdas, Jangan Bercanda Menggunakan Agama!

Kadis DPP merincikan bantuan tersebut diantaranya, 26 unit mesin tempel 15 PK, 20 unit mesin tempel 40 PK, 13 unit mesin long tail, 57 pieces bantuan alat tangkap jaring nelayan (Gillnet Millenium) dan 3 unit GPS (Global Positioning System).

"Dengan adanya bantuan ini, saya berharap agar nelayan dan petani bisa memanfaatkan dengan semaksimal mungkin sehingga roda perekonomian terutama di sektor perikanan menjadi hidup," kata Firdaus.

Bantuan Beras Pangan Tahap III

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat