bdadinfo.com

Investasi dan Percepatan Pembangunan IKN, Hotel Bintang dan Budget Menyemarakkan Ekosistem - News

Investasi dan Percepatan Pembangunan IKN, Hotel Bintang dan Budget Menyemarakkan Ekosistem (Tangkap layar Youtube.com/Top Konstruksi)

- Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) hingga saat ini terus dipercepat untuk mencapai target rampung tahap satu sebelum perayaan HUT RI ke-79 bulan Agustus 2024 nanti.

Sejalan dengan itu, IKN juga terus menarik banyak investor untuk berinvestasi. 

Sejak September 2023, sejumlah rangkaian groundbreaking telah dilakukan, mencakup berbagai jenis pembangunan seperti rumah sakit, sekolah, gedung perkantoran, hingga hotel.

Baca Juga: Sebelum Jadon Sancho, Pemain Muda Chelsea Ini Lebih Dulu Selesaikan Tes Medis untuk Gabung Borussia Dortmund

Hingga saat ini, telah dimulai pembangunan enam hotel berbintang di IKN oleh investor swasta. 

Proyek hotel tersebut dibangun oleh konsorsium Nusantara Hotel Bintang 5, antara lain, Pakuwon Jati Hotel Bintang 5, Pasanta Grup Hotel Bintang 5, Balikpapan Superblock Hotel Bintang 5 dan 4, B Karya Mandiri Hotel Bintang 3, dan Jambulu W Hotel Bintang 5.

Seperti yang dikutip dari YouTube Top Konstruksi, Otorita IKN sedang merencanakan pembangunan Hotel Budget di IKN. 

Baca Juga: Tidak Seperti Sumbar yang Pembebasan Lahannya Ribet Setengah Mati, Proyek Tol di Daerah ini Dibangun Mulus Langsung Rampung dan Cantik Tanpa Kendala!

Hotel Budget adalah penginapan yang menyediakan fasilitas dan layanan standar atau terbatas, dengan harga sewa yang lebih rendah, berkisar pada Rp100.000 sampai 300.000. 

Hotel Budget umumnya masuk dalam kategori bintang 1 hingga 3.

Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono, mengungkapkan bahwa Hotel Budget sangat diperlukan untuk melengkapi ekosistem di IKN. 

Otorita IKN sedang mencari calon investor yang bersedia membangun hotel ini. 

Sebagai bagian dari ekspansi bisnis ke Kalimantan dan wilayah Indonesia Timur pada 2024, PT Indonesian Paradise Property Tbk (INPP) atau Paradise Indonesia, yang berencana mengalokasikan belanja modal mencapai Rp triliun, mungkin berminat membangun hotel di IKN.

Investasi di IKN telah mendapatkan total komitmen mencapai Rp47,5 triliun dari lembaga pemerintah dan nonpemerintah. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat