bdadinfo.com

Inilah Hasil Survei Elektabilitas dari Capres Anies, Prabowo dan Ganjar, Jawa Timur Menjadi Penentuan? - News

Inilah Hasil Survei Elektabilitas dari Capres Anies, Prabowo dan Ganjar, Jawa Timur Menjadi Penentuan/Instagram

- Debat Capres - Cawapres pada Pemilu 2024 resmi berakhir, sehingga ketiga Kandidat seperti Anies - Muhaimin, Prabowo - Gibran dan Ganjar - Mahfud telah menunjukkan visi dan misi yang diemban saat terpilih menjadi Presiden - Wakil Presiden.

Namun, jelang masa pencoblosan yang akan dilaksanakan pada Rabu, 14 Februari mendatang, tentu elektabilitas antara ketiga Pasangan masih tetap bertahan hingga saat ini.

Seperti yang diketahui baru-baru ini, kalau Provinsi Jawa Timur akan menjadi kunci utama dari penentu dalam peta suara secara nasional di seluruh Provinsi Indonesia.

Baca Juga: Investor Internasional Lirik Jalan Tol Trans Sumatera, Potret Kemitraan Belanda dan Abu Dhabi dengan INA

Karena wilayah Jawa Timur, menjadi lumbung suara terbesar dengan total jumlah pemilih yang terdapat di Daftar Pemilih Tetap atau DPT mencapai sekitar 35.7 juta jiwa.

Survei terbaru menunjukkan elektabilitas bagi Capres - Cawapres No. 2, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka dengan perolehan mencapai angka 60,1 persen.

Sementara itu, pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud MD berada di posisi kedua dengan 17.2 persen suara, dan posisi ketiga ditempati oleh Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dengan 14.9 persen

Direktur Riset Poltracking Indonesia, Arya Budi mengatakan pergerakan elektoral Prabowo Subianto di Jawa Timur konsisten mengalami kenaikan sejak Juni 2023.

Baca Juga: Daftar 13 Perampok Berjamaah Proyek Tol Padang Sicincin Layak Disebut Pengkhianat Ranah Minang, Netizen: Uwang Piaman Koruptornyo

“Kenaikan ini terjadi dari periode September 2023 ke Januari 2024, dalam rentang tersebut terjadi saat Prabowo Subianto berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka,” ungkap Arya, sebagaimana dikutip dalam ungkapan yang disampaikan pada Rabu, 7 Februari 2024.

Survei tersebut juga menunjukkan bahwa elektabilitas pasangan Anies - Muhaimin cenderung stabil, sementara itu pasangan Ganjar - Mahfud mengalami penurunan.

Kekuatan elektabilitas pasangan dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), tersebar di beberapa wilayah tertentu seperti Arek, Mataraman, Tapal Kuda, dan Pantura.

Di sisi lain, wilayah pemilih Madura menjadi kompetitif antara pasangan Anies - Muhaimin dan Prabowo - Gibran, yang masih akan berlangsung sampai masa pencoblosan tiba.

Baca Juga: Termegah di Kalimantan! Jembatan dengan Anggaran Rp1 Triliun Ini Bisa Tahan hingga 100 Tahun

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat