bdadinfo.com

Sebentar Lagi Rampung! Jalan Tol Sepanjang 95,8 Kilometer Demi Hubungkan Lampung ke Aceh Jadi Mudah, Segini Biayanya - News

Sebentar Lagi Rampung! Jalan Tol Sepanjang 95,8 Kilometer Demi Hubungkan Lampung ke Aceh Jadi Mudah, Segini Biayanya / Pexels

- Pemerintah saat ini masih terus melanjutkan pengerjaan pembangunan proyek strategis nasional di Pulau Sumatera sepanjang tahun 2024.

Adapun proyek strategis nasional (PSN) tersebut yang masih berlanjut dan akan dioperasikan, salah satunya ialah pembangunan Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu di Provinsi Bengkulu.

Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu yang merupakan bagian dari koridor pendukung Palembang-Bengkulu dilengkapi dengan seksi 3 sepanjang total 351,3km.

Baca Juga: Melaporkan Kejadian di Hari Pasar Layaknya Reporter, Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 3 Halaman 123 Kurikulum Merdeka

Tujuan dari pembangunan Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu tersebut untuk memangkas biaya logistik agar daya saing produk Indonesia meningkat sebagaimana dikutip dari bpjt.pu.go.id.

Demi meningkatkan konektivitas antar pusat pertumbuhan ekonomi di Pulau Sumatera dengan menyelesaikan Seksi 3 diantaranya Taba Penanjung-Bengkulu sepanjang 17,6km, Kepahiang-Taba Penanjung 23,7km dan Lubuk Linggau-Kepahiang sepanjang 54,5 km dengan total biaya investasi Rp 33,12 Triliun.

Terlebih lagi kecanggihan dari Jalan Tol ini rencananya akan disuguhkan dengan konstruksi pembangunan Terowongan yang menembus ke bukit barisan sepanjang 7km nantinya.

Baca Juga: Inilah Progres Pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Timur Terbaru di IKN

Bukan hanya dilengkapi dengan Terowongan yang menembus ke bukit barisan saja melainkan adanya jembatan yang membentang panjang diatas lembah dengan ketinggian pilar mencapai 45-90m.

Adapun Jalan Tol Taba Penanjung - Bengkulu yang mendukung akses menuju Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu via GT Bengkulu - Taba Penanjung dengan menempuh waktu hanya 10 menit.

Diketahui Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu yang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Karya memberikan dukungan perekonomian untuk masyarakat pesisir pulau barat di Sumatera baik dari dukungan barang dan logistik maupun jasa.

Baca Juga: Korea Selatan Gagal ke Final Piala Asia, Jurgen Klinsmann Cuma Bisa Pasrah

Pasalnya, Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu juga akan terintegrasi dengan pengembangan Pelabuhan Baai, dimana nantinya dapat digunakan secara maksimal.

Dengan nantinya dioperasikan seksi 3 ruas Taba Penanjung - Bengkulu ini dapat menempuh jarak dari Kota Bengkulu ke Kecamatan Taba Penanjung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat