bdadinfo.com

Pesaing Baru! Panjang Jalan Tol Ini Bakal Kalahkan Tol yang Menghubungkan Provinsi Lampung dan Sumatera Selatan, Mulai Digarap Tahun 2024 - News

Pesaing Baru! Panjang Jalan Tol Ini Bakal Kalahkan Tol yang Menghubungkan Provinsi Lampung dan Sumsel, Mulai Digarap Tahun 2024 (bpjt.pu.go.id)

Muncul pesaing baru yang akan mengalahkan panjang lintasan tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung.

Tol yang menghubungkan Provinsi Lampung dengan Sumatera Selatan (Sumsel) hingga saat ini menjadi tol terpanjang yang ada di Indonesia.

Tol tersebut diprediksi bakal mulai digarap pada tahun 2024 ini, lalu ruas manakah yang dimaksud?

Baca Juga: Wow! Lewat Tol Palembang-Bengkulu Serasa Healing di Eropa, Ada Pemandangan Pegunungan ala Alpen: Target Selesai Tahun Segini 

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Hedy Rahadian mengatakan bahwa proyek pembangunan jalan tol Getaci ruas Gedebage-Garut-Tasikmalaya-Cilacap akan dimulai pada tahun ini.

Kendati sudah diprediksi kapan mulai pengerjaannya, dirinya mengaku bahwa pembangunannya kemungkinan baru bisa dimulai paling cepat pada kuartal kedua tahun 2024.

Hingga saat ini, proyek tol Getaci ini masih dalam tahap prakualifikasi oleh vendor.

Baca Juga: Sumatera Selatan Pantang Ngalah! Tol Palembang-Bengkulu Bakal Suguhi Pemandangan Pegunungan Alpen Bak di Eropa 

Setelah melalui tahap itu, tol Getaci akan memasuki tahap dilakukannya bidding.

Tol Getaci yang menghubungkan Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah ini diklaim akan menjadi tol terpanjang di Indonesia.

Apabila sudah tuntas sepenuhnya, tol yang dimulai dari Gedebage di Jawa Barat dan dibangun hingga ke Cilacap, Jawa Tengah, akan memiliki panjang lintasan mencapai 206,65 km.

Baca Juga: Hore! Probolinggo ke Besuki Cuma 30 Menit Berkat Tol Probolinggo-Banyuwangi, Cek Target Tuntasnya di Sini

Dengan demikian, tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung yang tadinya menjadi jawara tol terpanjang se-Indonesia hingga saat ini akan lengser dan tergantikan oleh tol Getaci.

Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sendiri memiliki panjang lintasan mencapai 198 km.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat