bdadinfo.com

Sumatera Barat Jaya dan Makmur! Lokasi Harta Karun Ini Memiliki Nilai Ekonomisnya Ditaksir Mencapai 1 Juta Gulden - News

William Marsden dalam The History of Sumatera (1811) menulis bahwa Sumatera Barat terkenal sebagai penghasil emas. Di abad ke-19, Padang menerima paling tidak 10 ribu ons emas dari tambang-tambang di pedalaman.

- Sumatera Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatra dengan ibu kota Padang.

Sumbar terletak sepanjang pesisir barat Sumatra bagian tengah, dataran tinggi Bukit Barisan di sebelah timur, dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai.

Provinsi Sumbar dari utara ke selatan, provinsi dengan wilayah seluas 42.012,89 km² ini berbatasan dengan empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Baca Juga: Aceh Pasti Berjaya! Orang Inggris Turun Gunung Temukan Titik Lokasi Harta Karun Terletak 150 km Lepas Pantai Aceh Diserbu Inverstor Asing

Sumatera Barat adalah rumah bagi etnis Minangkabau dan Mentawai, walaupun wilayah adat Minangkabau sendiri lebih luas dari wilayah administratif Provinsi Sumatera Barat saat ini.

Pada akhir tahun 2023, provinsi ini memiliki penduduk sebanyak 5.750.326 jiwa, dengan mayoritas beragama Islam.

Sumatera Barat terdiri dari 12 kabupaten dan 7 kota dengan pembagian wilayah administratif sesudah kecamatan di seluruh kabupaten (kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai) dinamakan sebagai nagari.

Berdasarkan data dari Ditjen Minerba Kementerian ESDM mengungkapkan bahwa pada tahun 2021, Indonesia telah menghasilkan sekitar 117,5 ton emas dan hal tersebut berhasil menempatkan Indonesia sebagai negara penghasil emas terbesar nomor 9 di dunia.

Provinsi Sumatera Barat, yang terletak di bagian barat Pulau Sumatera, menyumbang sekitar 3,58 % dari total cadangan emas yang diperkirakan ada di Indonesia.

Daerah Padang Aro, Solok, khususnya Solok Selatan, Sawulontho serta banyak daerah lain yang mengandung emas.

Baca Juga: Sekdakab Agam Minta OPD Jadikan Data Sebagai Acuan Membuat Kebijakan

Kurang lebih potensi tambang emas di Solok Selatan mampu menghasilkan 50 kg sehari berdasarkan dara dari Dinas Pertambangan dan Energi Sumatra Barat di tahun 2013.

Jika dikelola dengan baik untuk kesejahteraan rakyat, tentu saja tambang emas ini akan meningkatkan taraf perekonomian penduduk di sekitarnya karena jika dirupiahkan nilai ini cukup besar dan bisa mencapai Rp 25 miliar.

Di kiri dan kanan gunung Bukit Barisan juga terdapat banyak emas, terutama emas aluvial.

Di beberapa daerah seperti Sulit Air, Sibarambang, Sungai Sumpahan, Lanawang, dan Pinti Kayu Gadang terdapat deposit tembaga yang berpotensi mengandung emas. Daerah-daerah ini sedang dalam tahap eksplorasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat