bdadinfo.com

Bukan Main! Jalan Tol di Aceh ini Boleh Dilewati dengan Kecepatan sampai Ratusan Km/jam: 2 Daerah dengan Jarak 3 Jam Sekarang Jadi Cuma 1 Jam saja - News

Ilustrasi Jalan Tol Sigli-Banda Aceh di Provinsi Aceh yang dapat dilintasi dengan kecepatan hingga ratusan km/jam. Jalan tol ini bagian dari rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). (Dok: Hutama Karya)

- Mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terus diakselerasi pembangunannya oleh Pemerintah Pusat.

Pemerintah Pusat, pihak pengembang jalan tol serta Pemerintah Daerah terus bekerja sama merampungkan pembangunan infrastruktur jalan tol di Pulau Sumatera.

Tak terkecuali Provinsi Aceh yang juga tengah sibuk merampungkan seksi terakhir dari ruas Jalan Tol Sigli Banda Aceh.

Baca Juga: Dibangun Megah! Jalan Tol Pertama Aceh Siap Jadi Salah Satu yang Termegah di Indonesia, Punya 6 Simpang Susun sampai 7 Gerbang Tol: Nggak Ada Duanya

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim membeberkan, bahwa pembangunan Jalan Tol Sigli Banda Aceh terus menunjukkan progres positif.

Jalan tol yang juga rangkaian jalan utama atau backbone dari Jalan Tol Trans Sumatera tersebut kini menyisakan satu seksi tersisa yang masih dalam proses konstruksi.

Direncanakan memiliki 6 (enam) seksi, Jalan Tol Sigli Banda Aceh tersebut telah merampungkan sekaligus mengoperasikan 5 (seksi) yang ada.

Baca Juga: Kabar Terbaru! Pembebasan Lahan Jalan Tol Pertama Aceh Masuki Tahap Akhir: Proyek Tol Paling Ujung Sumatera Siap Rampung Akhir Tahun 2024 

Adapun ruas yang telah beroperasi Seksi 2 (dua) hingga 6 (enam) (Seulimeum – Baitussalam) memiliki ekuivalen panjang lintasan 49 km.

Jika seksi 1 (satu) Jalan Tol Padang Tiji Seulimeum yang saat ini masih dalam konstruksi telah rampung, maka perjalanan antar daerah pun akan menjadi sangat mudah dan jauh lebih cepat.

Jalan Tol Sigli Banda Aceh sendiri apabila telah tersambung sepenuhnya maka dapat dilintasi dengan kecepatan rencana yakni 100 km/jam.

Baca Juga: Akhirnya! Pembebasan Lahan Jalan Tol Padang-Sicincin di Sumatera Barat Hampir Rampung, HK Targetkan Akhir Tahun 2024 Beroperasi: Siap Menyusul Riau

Tentunya dengan kecepatan tinggi seperti itu dan dapat mengefisiensikan waktu tempuh dari Sigli ke Banda Aceh yang sebelumnya 2-2,5 jam menjadi 1-1,5 jam perjalanan saja.

Meski demikian, pengendara jalan tol tetap diwajibkan menaati rambu-rambu lalu lintas saat melintasi Jalan Tol Sigli Banda Aceh.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat