bdadinfo.com

Tinjau Chatbot Stunting di Cempaka Putih, Menkes Budi: Kalau Ada Anak Berpotensi Langsung Intervensi - News

Menkes Budi Gunadi Sadikin meninjau penerapan Chatbot Whatsapp

- Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meninjau penerapan Chatbot Whatsapp penanganan stunting pada Anak di Posyandu Balita Cempaka III, Kelurahan Cempaka Putih Barat, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Menkes Budi menuturkan, jika Chatbot Whatsapp tersebut akan dimanfaatkan untuk pencatatan data pengukuran dan penimbangan balita di Posyandu untuk mencegah stunting pada anak.

Menkes Budi menambahkan, pengukuran berat badan dan tinggi badan harus dilakukan berdasarkan nama dan alamat anak.

Baca Juga: Ini Asus Vivobook yang Cocok untuk Pelajar, Pakai Prosessor Gaming Dijamin Anti Lemot

Hal itu dilakukan untuk mempermudah petugas Posyandu mengidentifikasi anak-anak mana saja yang punya potensi stunting.

''Kita ingin kalau ada anak berpotensi stunting langsung diberi intervensi berupa makanan berprotein hewani setiap hari,'' ujar Menkes di Posyandu Balita Cempaka III, DKI Jakarta pada Rabu, 22 Februari 2023.

Budi menjabarkan, data kesehatan anak yang telah dimasukkan ke dalam chatbot whatsapp, dapat dipantau langsung oleh gubernur sampai kepala Puskesmas.

Baca Juga: Update Konflik Bupati Indramayu vs Lucky Hakim, Ridwan Kamil: Berat Hati, Saya...

Output pencatatan melalui chatbot WhatsApp, maka sistem akan secara otomatis memunculkan grafik tumbuh kembang beserta status gizi balita dan rekomendasi upaya tindak lanjut yang dapat disampaikan oleh petugas Posyandu kepada orangtua balita.

Dirinya menyebutkan, data tersebut akan langsung terhubung dan tersimpan pada aplikasi Sehat Indonesiaku (ASIK) di Puskesmas yang terintegrasi dengan platform SATUSEHAT.

"Ke depannya, para orangtua juga bisa mengetahui informasi tersebut di SATUSEHAT Mobile yang dapat diakses melalui smartphone," ungkap Menkes Budi.

Baca Juga: Meski Hadapi Pinalti dan Tekanan Tim Lain, Red Bull akan Tetap Jadi Ancaman di F1 2023

Setelah DKI Jakarta, Kemenkes merencanakan pencatatan data tumbuh kembang balita melalui chatbot WhatsApp akan diperluas untuk Posyandu di 50 kabupaten atau kota lain secara bertahap yang akan dimulai pada Maret 2023.

Menurut Kemenkes, Posyandu Cempaka III melakukan pemeriksaan setiap 1 bulan sekali. Kegiatan dilakukan pada tanggal 20 sampai 23 setiap bulannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat