bdadinfo.com

Resmikan Tol Semarang-Demak, Presiden Jokowi Sebut Akan Berdampak Pada Banjir Rob - News

Resmikan Tol Semarang-Demak, Presiden Jokowi Sebut Akan Berdampak Pada Banjir Rob (IG Sekretariat Kabinet )

 - Jalur Tol Semarang-Demak Seksi 2 ruas Sayung-Demak yang hari ini telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Sabtu, 25 Februari 2023.

Acara peresmian tol yang berlokasi di Gerbang Tol Sayung, Kabupaten Demak Jawa Tengah itu, peresmian tol ditandai dengan Presiden Jokowi yang menekan bel sirine dan menandatangani prasasti. 

Menurut Presiden Jokowi, peresmian tol Semarang-Demak Seksi 2 ruas Sayung-Demak sepanjang 16,01 kilometer itu dibangun dengan tujuan yang berdampak besar bagi seluruh sektor terutama lingkungan dan industri. 

Baca Juga: Resep Gulai Kepala Kakap Ala Rumah Makan Padang, Rasanya Nampol Banget

Dilansir News dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, Presiden Jokowi menyebut biaya yang digunakan untuk membangun jalan tol Sayung-Demak ialah Rp5,9 triliun.

Dampak dari dibangunnya tol Sayung-Demak itu disebutnya tidak hanya untuk mempercepat transportasi logistik, tetapi juga sebagai tanggul laut yang dapat mencegah banjir rob

"Saya juga sangat menghargai Jalan Tol Sayung-Demak yang telah dibangun ini, karena yang kedua ini juga sekaligus sebagai tanggul laut." ujar Presiden Jokowi, dikutip  dari laman resmi web setkab.go.id pada Sabtu, 25 Februari 2023.

Baca Juga: Wuih! Ada Duit Nganggur Rp690 T, Jokowi Ingin Masyarakat Sering Belanja di Mall atau Nonton Konser

Mantan Gubernur DKI Jakarta 2012-2014 memperkirakan, di masa mendatang banjir rob akan semakin jauh dan levelnya akan semakin tinggi apabila masuk ke daratan dengan adanya tanggul laut dari jalan tol Sayung-Demak. 

"Rob yang ke depan menurut saya akan semakin jauh dan levelnya akan semakin tinggi masuk ke daratan karena perubahan iklim, itu sedikit bisa kita cegah dengan fungsi jalan tol sekaligus tanggul laut dari jalan yang telah dibangun ini," imbuhnya. 

Jika Presiden membahas perihal dampak diresmikannya tol untuk sektor lingkungan seperti tanggul laut untuk mencegah banjir rob, maka dampak lain yang bisa dirasakan yaitu infrastruktur logistik. 

Presiden Jokowi mengharapkan jalan tol tersebut dapat dihubungkan dengan sentra-sentra produksi serta industri yang ada di sekitarnya. 

"Saya hanya ingin mengingatkan kembali bahwa seluruh jalan tol yang telah selesai di tanah air. Agar gubernur, bupati, wali kota segera menyambungkan, mengintegrasikan dengan kawasan-kawasan produksi yang ada di wilayahnya masing-masing," tutur Presiden. 

Dirinya meyakini dengan tersambungnya antarkawasan bisa mendorong efisiensi dan meningkatkan daya saing Indonesia. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat