bdadinfo.com

Generasi 90-an Nostalgia Yuk! Inilah 5 Kegiatan Puasa Ramadhan yang Penuh Kenangan dan Seru - News

Generasi 90-an Nostalgia Yuk! Inilah 5 Kegiatan Puasa Ramadhan yang Penuh Kenangan dan Seru   ( rukita.co)




- Bagi anak generasi 90-an pasti punya nostalgia atau kenangan dengan kegiatan puasa Ramadhan yang menyenangkan.

Setiap bulan Puasa Ramadhan akan datang, seringkali anak generasi 90-an serasa diajak nostalgia untuk mengingat kembali masa-masa menyenangkan ketika belum dewasa seperti sekarang.

Tidak seperti masa sekarang yang dimana anak-anak selalu dikelilingi gadget, kenangan nostalgia yang diingat anak generasi 90-an saat menjalankan puasa Ramadhan justru terasa lebih seru.

Dilansir News, berikut adalah 5 kegiatan puasa Ramadhan yang bikin nostalgia untuk anak generasi 90-an.

Baca Juga: Polda Riau Gagalkan 87 Kilo Sabu dan 55.452 Butir Pil Ekstasi Dalam Operasi Antik Lancang Kuning 2023

1. Ikut Keliling Kampung Saat Sahur

Saat masa kecil, anak generasi 90-an pernah merasakan betapa serunya keliling kampung membawa alat pengeras suara ataupun alat kentongan untuk membangunkan warga supaya lekas bangun dan segera menjalankan sahur.

Meski langit terasa gelap, mengandalkan penerangan lampu jalan serta senter bahkan obor. Namun kebersamaan yang dirasakan sungguh menyenangkan.

2. Bermain Petasan dan Kembang Api saat Menjelang Sholat Tarawih

Baca Juga: Bersama Wali Kota dan Ratusan Pelajar di Cilegon, BP2MI Gelar Edukasi Penempatan dan Perlindungan PMI

Seusai berbuka, jiwa sosialiasi anak generasi 90-an saat itu diliputi rasa tidak sabar ingin segera bermain bersama teman-teman.

Biasanya menjelang adzan Isya' serta melaksanakan serangkaian ibadah Sholat Tarawih, banyak permainan yang dilakukan seperti menyalakan kembang api dan petasan.

3. Menonton Televisi Program Ramadhan Menjelang Berbuka Puasa

Perkembangan teknologi seperti HP, internet dan sosial media pada jaman dahulu belum berkembang pesat seperti sekarang. Hiburan yang paling seru bagi anak generasi 90-an saat itu yakni menonton program Ramadhan yang tayang di televisi.

Baca Juga: Usai Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Erick Thohir Bakal Bentuk Direksi Baru Pertamina

Mengandalkan sinyal antena yang menancap di atas genteng rumah, tontonan televisi berupa program Ramadhan sangat ditunggu-tunggu.

Seperti acara kultum, acara saat sahur yang diwarnai hiburan komedi, kartun muslim edisi Ramadhan, kisah para Nabi, dan sinetron tema religi yang hanya ditayangkan saat bulan puasa.

4. Mengikuti Kegiatan Pesantren Kilat di Sekolah

Meski kegiatan pesantren kilat masih ada sampai sekarang di beberapa sekolah, namun bagi anak generasi 90-an adalah kenangan yang paling tidak bisa dilupakan pada jamannya.

Nostalgia dengan mengingat kembali kegiatan apa saja yang dilakukan di sekolah. Seperti buka puasa Ramadhan bersama, tadarus (membaca Al-Quran) bersama, melaksanakan muhasabah, lalu sahur ditemani teman-teman sekelas.

5. Isi Buku Kegiatan Ramadhan

Kemudian yang terakhir, sebuah kenangan paling seru ialah saat diberi tugas untuk mengisi buku kegiatan ramadhan.

Pasalnya, mengisi buku kegiatan Ramadhan tidak hanya menceklis absensi sholat lima waktu, puasa, membaca Al-Quran dan mengisi seberapa banyak rangkuman yang ditulis saat imam tarawih memberikan ceramah saja.

Paling menyenangkan dari mengisi buku Ramadhan ini ialah ketika segerombolan anak generasi 90-an sibuk mengerubungi imam tarawih untuk meminta tanda tangan setelah mengisi ceramah.

Inilah 5 hal kegiatan puasa Ramadhan yang bikin nostalgia dan penuh kenangan bagi anak generasi 90-an. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat