bdadinfo.com

Peringatan Dini BMKG: Waspada Kecepatan Angin 20 Knot, Gelombang Laut 4 Meter di Perairan Sumbar Hari Ini - News

Peringatan Dini BMKG: Waspada Kecepatan Angin 20 Knot, Gelombang Laut 4 Meter di Perairan Sumbar Hari Ini. (BMKG )

- Peringatan dini BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika), waspada kecepatan angin 20 Knot dan gelombang laut mencapai 4 meter di perairan Sumbar hari ini, Jumat, 31 Maret 2023.

"Waspada kecepatan angin lebih dari 20 knot di Samudera Hindia Barat Kepulauan Mentawai dan Samudra Hindia barat Bengkulu," imbau BMKG dilansir dari grup WhatsApp.

BMKG juga mengimbau waspada potensi peningkatan tinggi Gelombang 2.00 - 4.00 meter berpeluang terjadi di Perairan barat Kepulauan Mentawai dan Samudera Hindia Barat Kepulauan Mentawai.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Jabodetabek Besok Kamis 30 Maret 2023, BMKG: Waspada Potensi Hujan di Jakbar, Jaksel dan Jatim

Sementara untuk kondisi cuaca dan angin secara umum diperkirakan berawan dan disertai potensi hujan ringan hingga sedang dibeberapa wilayah.

"Kondisi angin secara umum diperkirakan bertiup dari arah Barat - Barat Laut dengan kecepatan berkisar 02 - 15 knot," imbaunya.

Hari ini juga berpotensi tinggi gelombang dengan ketinggian 0.50 - 1.25 M berpeluang terjadi di wilayah Perairan Barat Sumatera Barat hingga Perairan Timur Kepulauan Mentawai.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Rabu 29 Maret 2023, BMKG: Sumbar Jakarta Jabar Awas Hujan Lebat Angin Petir di Area Ini

Kemudian, potensi tinggi gelombang laut dengan ketinggian 0.75 - 2.00 meter berpotensi terjadi di wilayah perairan utara Pulau Siberut.

Potensi tinggi gelombang laut dengan ketinggian 1.50 - 3.50 meter juga berpotensi terjadi di wilayah Perairan Barat Kepulauan Mentawai, dan Samudera Hindia barat Kepulauan Mentawai.

Prakiraan Pasang Surut Teluk Bayur Jumat, 31 Maret 2023 pukul 07.00 - 19.00 Wib, yakni Pasang dengan ketinggian 0.9 meter, surur ketinggian 0.7 meter terjadi.

BMKG juga mengimbau untuk diperhatikan resiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran adalah untuk perahu ketinggian gelombang lebih dari 1.26 meter.

Kapal tongkang dengan ketinggian gelombang lebih dari 1.50 meter, kapal Ferry dengan ketinggian gelombang lebih dari 2.50 meter.

Untuk kapal ukuran besar (kargo/pesiar) waspadai ketinggian gelombang lebih dari 4.00 meter. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat