bdadinfo.com

Kumpulan Doa Selamat di Perjalanan Mudik, Khusus Pengguna Kapal Laut - News

Mudik pakai Kendaraan Laut? Jangan Lupa Baca Doa ini ya !/ Suzuki


- Salah satu tradisi atau kegiatan yang biasa dilakukan oleh masyarakat saat menyambut hari raya Lebaran adalah mudik.

Selain menyiapkan beberapa barang yang dibawa untuk mudik, alangkah baiknya kita membaca doa sebelum melakukan perjalanannya agar selamat sampai tujuan.

Tentu saat mudik ke kampung halamannya ada yang menggunakan kendaraan darat , udara dan laut.Maka akan menjelaskan doa naik kendaraan laut tercatat dalam riwayat hadis yang dikutip Imam Nawawi.

Baca Juga: Atasi Kemacetan Arus Mudik di Jalan Sicincin-Bukittinggi, Polisi Uji Coba One Way pada Hari Sabtu

Doa ini berada dalam kitab Al Adzakar. Diriwayatkan kepada kami di Kitab Ibnu Sinni dari Husein bin Ali radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa salam bersabda:

"Aman dari tenggelam bagi umatku bila mereka membaca doa ketika menggunakan kendaraan laut (air), ‘Bismillâhi majrêha wa mursâhâ, inna rabbî la ghafûrur rahîm, (Hud ayat 41). Wa mâ qadarullâha haqqa qadrihî..., (Az Zumar ayat 67)."

Sebelum naik kendaraan laut, seperti kapal dan sejenisnya, umat muslim dianjurkan untuk membaca doa naik kendaraan laut terlebih dahulu.

Baca Juga: Catat! 20-21 April Diperkirakan Puncak Arus Mudik Lebaran 2023, Begini Persiapan dan Tips Aman Perjalanan

Doa ini perlu dibaca agar selama perjalanan tetap sehat dan selamat sampai tujuan. Berikut doa naik kendaraan laut dan artinya:

بِسْمِ اللّٰهِ مَجْرٰ۪ىهَا وَمُرْسٰىهَا ۗاِنَّ رَبِّيْ لَغَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Bismillâhi majrêha wa mursâhâ, inna rabbî la ghafûrur rahîm

Artinya: " dengan (menyebut) nama Allah pada waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (QS. Hud ayat 41)

Setelah membaca doa naik kendaraan laut, bisa dilanjutkan membaca doa dikutip dari Surat Az-Zumar 67 berikut:

وَمَا قَدَرُوا اللّٰهَ حَقَّ قَدْرِهٖۖ وَالْاَرْضُ جَمِيْعًا قَبْضَتُهٗ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ وَالسَّمٰوٰتُ مَطْوِيّٰتٌۢ بِيَمِيْنِهٖ ۗسُبْحٰنَهٗ وَتَعٰلٰى عَمَّا يُشْرِكُوْنَ

Wa mâ qadarullâha haqqa qadrihî, wal ardhu jamî‘an qabdhatuhû yaumal qiyâmah, was samâwâtu mathwiyyâtum bi yamînihî, subhânahû wa ta‘âlâ ‘an mâ yusyrikûn

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat