bdadinfo.com

Amankan Arus Mudik, Kapolri Turunkan Satgas di 125 Titik Rawan Kejahatan Selama Mudik Lebaran 2023 - News

Amankan arus mudik, Kapolri turunkan satgas di 125 titik rawan kejahatan. (nasional.okezone.com)

– Jelang puncak arus mudik pada 19 April nanti, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta jajarannya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran 2023.

Mantan Kabareskrim itu juga menyampaikan personel gabungan juga akan diturunkan untuk menjaga jalan arteri yang menjadi di titik rawan aksi kejahatan.

Menurut Sigit, setidaknya ada 125 titik rawan gangguan kamseltibcar lantas (keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas) di jalur tersebut.

Baca Juga: KAI Adakan Layanan Vaksin Booster Gratis di Stasiun, Pemudik Diminta Lakukan Vaksin H-1 Sebelum Keberangkatan

"Wilayah yang berpotensi terjadi tindak pidana bajing loncat, penodongan dan sebagainya, kita siapkan satgas pengamanan Gabungan Brimob Reserse TNI untuk melakukan penyisiran," tuturnya.

Pernyataan tersebut disampaikan Sigit usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2023 di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Senin, 17 April 2023.

"Jalur tol, utamanya non-tol itu betul-betul dijaga dan dikawal dengan baik. Kita harapkan masyarakat pemudik gunakan jalur-jalur yang sudah dipersiapkan sehingga kemudian tidak menjadi tersesat dan memperpanjang rute perjalanan," jelas Sigit.

Baca Juga: Wajib Mampir! 5 Rest Area Keren di Jawa Tengah yang Punya Fasilitas Lengkap, Nomor 3 Jadi Terbaik di 2019

Listyo juga meminta agar masyarakat melapor ke posko-posko pelayanan yang disiapkan apabila menemukan gangguan. Dia menjamin setiap laporan masyarakat pasti ditindaklanjuti.

"Ada pos-pos pelayanan yang dipersiapkan sehingga terhadap masyarakat yang mungkin mendapatkan informasi dan gangguan silahkan melapor ke pos-pos tersebut nanti kita tindaklanjuti. Kita pastikan harapan kita seluruh wilayah dilewati," tukasnya.

Selain menerjunkan petugas di titik rawan kejahatan tersebut, untuk mengawal keamanan dan kelancaran mudik Lebaran tahun ini, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto mengimbau kepada para sopir bus agar membawa pemudik ke kampung halamannya untuk bersopan santun dalam mengemudi dan tidak membunyikan klakson teloletnya.

Baca Juga: Antisipasi Mabuk Kendaraan, Ikuti Tips Berikut Supaya Perjalanan Mudik Lebaran Jadi Lancar

Karyoto mengatakan hal tersebut di kawasan Silang Monas, Jakarta Pusat, saat mendampingi PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melepas keberangkatan para pemudik yang mengikuti program Mudik Gratis.

"Kan tadi euforia pemberangkatan ya mudah-mudahan pada saat perjalanan adab sopan santun berlalu lintas itu tidak perlu pakai telolet,” ujar Karyoto kepada wartawan di Kawasan Silang Monas, Senin, 17 April 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat