bdadinfo.com

Angka Pemudik Diramalkan Naik, Polda Lampung Siapkan 83 Pos di Sepanjang Arus Mudik Lebaran 2023 - News

Ilustrasi (polri.go.id)



- Lebaran 2023 diprediksi mengalami kenaikan angka pemudik jika dibanding tahun lalu. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Polda Lampung telah menyiapkan 83 pos pada arus mudik dan arus balik lebaran ini.

Pos-pos lebaran yang disediakan oleh Polda Lampung tersebut bertujuan untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan para pemudik yang pulang ke kampung halamannya.

Kabagbinops Roops Polda Lampung, AKPB Alim, mengatakan bahwa ada perkiraan peningkatan jumlah pemudik yang signifikan.

“Pada tahun ini memang diperkirakan akan ada peningkatan jumlah pemudik yang cukup signifikan, sebab kondisi yang sudah berbeda dari tahun sebelumnya,” ujar Alim pada Senin, 3 April 2023.

Baca Juga: Artis Inisial HF Ditangkap Polisi Dalam Kasus Penyalahgunaan Narkoba

Karenanya, bersamaan Operasi Krakatau 2023 yang bertujuan untuk menekan angka pelanggaran lalu lintas, diperlukan juga pos-pos yang dibuat untuk menjaga keamanan pemudik.

Menurut AKPB Alim, ada sebanyak 83 pos yang terdiri dari pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu.

“Akan disiapkan pos sebanyak 83 unit yaitu 61 titik pos pengamanan, 21 titik pos pelayanan, dan 1 titik pos terpadu,” tuturnya.

Polisi tersebut juga berharap mudik lebaran 2023 akan berjalan dengan lancar tanpa adanya kecelakaan dengan disediakannya pos-pos tersebut.

Baca Juga: Ketahui Ketentuan Menyalurkan Zakat Fitrah Bagi Pemudik, di Perantauan Atau di Kampung?

“Memang perlu ada upaya lebih dalam mengamankan mudik lebaran 2023 ini karena ada tren kenaikan. Salah satunya melalui didirikannya pos ini untuk mencegah adanya kecelakaan lalu lintas dan menjaga keamanan,” kata Alim.

Pos-pos tersebut tersebar di seluruh bagian Lampung yaitu Lampung Utara, Lampung Barat, Lampung Selatan, Lampung Timur, Lampung Tengah, Pesisir Barat, Pringsewu, Tanggamus, Pesawaran, Bandarlampung, Metro, Polda Lampung, Tulang Bawang, Mesuji, dan Waykanan.

Pada lebaran tahun lalu, dilaporkan ada lebih dari 2000 kecelakaan yang terjadi di sepangjang arus mudik.

Di Lampung sendiri, terdapat 69 kasus yang menyebabkan 24 korban meninggal dunia dan 119 orang luka-luka.

Dengan banyaknya pos-pos yang disediakan di berbagai titik, angka kecelakaan tahun 2023 diharapkan dapat ditekan agar keamanan dan keselamatan para pemudik dapat terjaga.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat