bdadinfo.com

Peningkatan Arus Mudik jelang Lebaran, Kemenhub: Sebaiknya Tidak Mudik dengan Sepeda Motor - News

Peningkatan Arus Mudik jelang Lebaran, Kemenhub: Sebaiknya Tidak Mudik dengan Sepeda Motor (Pexels.com)

Pergerakan penumpang transportasi umum dan sepeda motor mulai menunjukkan kenaikan menjelang hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.

Dilansir dari dephub.go.id berdasarkan data sementara total jumlah penumpang transportasi umum pada H-6 kemarin sebanyak 674.447 orang. Angkanya mengalami peningkatan dibanding H-7 sebanyak 586.270 orang.

"Jumlah penumpang tertinggi terjadi di angkutan udara, sebanyak 221.786 penumpang pada H-6 kemarin. Dengan persentase mencapai 32,88% dari keseluruhan pengguna angkutan umum." disampaikan juru bicara Kemenhub Adita Irawati di Jakarta, dikutip Selasa 18 April 2023.

Baca Juga: Pejabat dan Pegawai Kemenko Marves Tunaikan Zakat melalui BAZNAS

Jumlah kendaraan yang keluar masuk Jabodetabek H-6 Lebaran tercatat mengalami penurunan pada kendaraan roda empat dan mengalami kenaikan pada kendaraan roda dua atau sepeda motor.

Untuk jumlah kendaraan roda empat yang keluar Jabodetabek tercatat sebanyak 196.111 kendaraan. Melewati jalan tol sebanyak 123.863 kendaraan. Sedangkan melewati jalan arteri 72.248 kendaraan.

Sedangkan untuk kendaraan roda dua tercatat 201.700 kendaraan keluar dari Jabodetabek atau ada peningkatan sebesar 36,49% dari hari normal.

Baca Juga: Mulai 19 April, Kendaraan Ini Dilarang Melintas saat Mudik Lebaran 2023

Pergerakan kendaraan roda dua atau sepeda motor diperkirakan akan naik setiap harinya.

Jumlah tersebut diprediksi banyak kendaraan yang akan keluar dari Jabodetabek dan semakin meningkat hingga menjelang hari Lebaran.

"Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat. Untuk melakukan mudik Lebaran lebih awal. Sebelum terjadi peningkatan arus kendaraan diprediksi terjadi pada 18-21 April 2023" jelas Adita.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Besok Rabu 19 April 2023 untuk Kota-kota di Sumatera Barat

Kepada masyarakat Kemenhub juga mengimbau agar tidak menggunakan sepeda motor bagi mereka yang mudik Lebaran dengan jarak tempuh yang jauh.

Hal tersebut, disampaikan karena sangat rentan akan mengalami kecelakaan lalulintas.

"Lebih baik gunakan angkutan transportasi umum atau bisa manfaatkan program mudik gratis. Agar perjalanan lebih aman dan selamat sampai ke kampung halaman," jelasnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat