bdadinfo.com

Sebanyak 75 WNI Tiba di Indonesia, Total 823 Orang Berhasil Dipulangkan dari Sudan - News

Satgas TNI Berhasil Selesaikan Sorti Terakhir Misi Evakuasi WNI di Sudan (Puspen TNI)

- Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyampaikan, bahwa upaya pemulangan Warga Negara Indonesia (WNI) dari Sudan terus berjalan. Senin, 1 April 2023 sebanyak 75 WNI dari Sudan telah kembali dengan selamat ke tanah air dengan menggunakan Pesawat TNI AU.

Kemlu menyampaikan, sebagian besar WNI yang dievakuasi dan dipulangkan pada hari ini merupakan pelajar dan tiga diantaranya adalah anggota PMI.

Sebelumnya, Kemlu menyampaikan telah berhasil memulangkan 385 WNI pada 28 April 2023 dan 363 WNI pada 30 April 2023. Adapun total WNI yang berhasil dievakuasi akibat konflik yang terjadi di Sudan sejumlah 823 orang.

Baca Juga: Dampak PHK Massal, Jumlah Penerima diprediksi JKP Meroket 285 Persen

Kemlu menyebutkan, 823 WNI yang berhasil dievakuasi tersebut terdiri dari 555 laki-laki dan 268 perempuan.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, para WNI yang telah dipulangkan ke tanah air akan terlebih dahulu menginap di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

Menlu Retno menjelaskan, hal tersebut ditujukan agar para WNI mendapat penanganan lebih lanjut oleh Kementerian/Lembaga terkait, sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing.

Baca Juga: Ini Alasan Mahasiswi Harvard University Asal Jawa Timur Kagum dengan Budaya Kuliah Luar Negeri

“Mengingat perjalanan evacuees sangat panjang dan melelahkan, maka setiba di Jakarta mereka akan diinapkan sementara di Asrama Haji Pondok Gede sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing,” kata Menlu Retno Marsudi, keterangan tertulis dikutip Senin, 1 Mei 2023.

Retno juga memastikan, Pemerintah telah menyiapkan segala bentuk kebutuhan dan fasilitas pendukung untuk para WNI hingga nantinya dipulangkan ke kota asalnya.

“Kemenko PMK dan K/L terkait telah menyiapkan layanan mulai pemeriksaan kesehatan hingga layanan konseling. Kementerian Sosial, Kementerian Dalam Negeri dan Pemda terkait akan memfasilitasi kepulangan ke daerah masing-masing,” imbuhnya.

Menlu juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak termasuk Kementerian atau Lembaga terkait yang telah mendukung upaya evakuasi ke tempat yang lebih aman dan membantu pemulangannya serta penanganan WNI ketika tiba di tanah air.

“Saya juga ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah Saudi Arabia yang telah memfasilitasi jalur transportasi laut dari kota Port Sudan menuju Jeddah,” tutupnya.

***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat